OPERASI PATUH Polri Digelar Hari Ini Hingga 23 Juli 2023, Ini Targetnya!

Ilustrasi operasi polri / Ist.


BERITAINSPIRATIF.COM - Operasi Patuh 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlalulintas digelar Korlantas Polri mulai tanggal 10 Juli 2023 hingga 23 Juli 2023.

Korlantas Polri juga sebelumnya telah menggelar pra Operasi Patuh 2023 pada Rabu, 5 Juli 2023 lalu. Kegiatan pra operasi patuh menjadi latihan untuk mematangkan persiapan Operasi Patuh yang dilakukan menjelang Operasi Mantap Brata untuk pengamanan Pemilu dan Pilkada 2024.

“Latpraops salah satu fungsinya untuk mengetahui bagaimana cara bertindak antara Korlantas dan jajaran. Operasi Patuh akan digelar pada tanggal 10 hingga 23 Juli mendatang,” kata Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kabagops Korlantas Polri.

Baca Juga: Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Cicilan Murah

Berdasarkan analisanya, Eddy masih menemukan pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Dia menjelaskan Operasi Patuh 2023 digelar untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Golnya menciptakan Kamseltibcarlantas lebih patuh dan tertib. Sebelum operasi Mantap Brata, terlebih dahulu kita melaksanakan Operasi Patuh. Petugas penegakan hukum tidak ada yang melakukan penindakan sendiri,” jelas Eddy.

Eddy menambahkan nantinya petugas di lapangan bukan cuma menegakkan hukum, tetapi juga menertibkan lewat edukasi, teguran, dan imbauan. Dia mengingatkan hal itu dilakukan secara humanis dan diharapkan tak ada komplain dari masyarakat.

“Saya percaya dengan operasi yang sudah ada seluruhnya berjalan dengan optimal, harapannya mendapat apresiasi dan pengungkit indeks kepercayaan masyarakat,” tambah dia.

Baca Juga: Desa Kauman KUDUS Study Tiru Keberhasilan SUKAMISKIN BANDUNG

Kabagops juga berharap agar pola pikir petugas diubah dan bisa meninggalkan perbuatan yang tidak baik. Dirinya juga berharap agar masyarakat Indonesia bisa mencontoh luar negeri yang sejak dini sudah tertib.

“Pimpinan tidak menghendaki pungli. Aturan yang sudah dibuat oleh Ditgakkum patuhi dan pedomani, jangan jadi korban operasi. Tunjukkan Korlantas menjadi ikon Polisi di jajaran,” tegas Eddy Djunaedi.

“Munculkan penegakkan hukum yang humanis. Jaga nama baik Korlantas. Mudah-mudahan Dengan Latpraops ini pelaksanaan Operasi Patuh berjalan dengan aman dan lancar,” tutup dia.

Baca Juga: Inilah 14 Pelanggaran yang Jadi Target Operasi Patuh Jaya 2023

Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi menjelaskan, nantinya petugas di lapangan bukan cuma menegakkan hukum, tetapi juga menertibkan lewat edukasi, teguran, dan imbauan.

“Golnya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas lebih patuh dan tertib," katanya kepada wartawan, Minggu (9/7/2023).

Eddy mengingatkan kepada jajarannya untuk melakukan operasi patuh ini sesuai aturan dan tidak melakukan pungutan liar alias pungli.

"Munculkan penegakkan hukum yang humanis. Jaga nama baik Korlantas," tandas Eddy.

Target Operasi Patuh

Adapun target Operasi Patuh 2023 meliputi;

Melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan HP saat mengemudi, tidak menggunakan helm, menggunakan kendaraan tidak menggunakan sabuk, melebihi batas kecepatan serta berkendara di bawah umur dan tidak memiliki SIM.

Selanjutnya sepeda motor berboncengan lebih dari satu penumpang, kendaraan roda empat tidak memenuhi layak jalan, kendaraan tidak dilengkapi dengan STNK, melanggar marka jalan, kendaraan memakai rotator atau sirine yang bukan peruntukannya, penertiban plat nomor RFS dan RFP.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-GRATIS Selama 3 Bulan, Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung 32 Menit

-Kemendikbud Tegaskan Wisuda Sekolah Tak Wajib Bagi TK Hingga SMA

-Sukamiskin Melaju ke Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

-Perjalanan Sukamiskin Jadi Kelurahan Terbaik Tingkat Jawa Barat 2023

-Desa Kauman KUDUS Study Tiru Keberhasilan SUKAMISKIN BANDUNG

-Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Cicilan Murah

 

Berita Terkait