Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi 18 Agustus 2023, Ini Rutenya!

Kereta Cepat Jakarta Bandung / Foto: Dokumentasi PT KCIC


BERITAINSPIRATIF.COM - Direncanakan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi Gratis pada tanggal 18 Agustus 2023. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan kriteria masyarakat yang berhak memperoleh tiket gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung. Tiket gratis naik KCJB hadir pada tiga bulan pertama atau masa soft operation.

Periode promo ini berlaku mulai 18 Agustus sampai Oktober 2023. Dikatakan Menhub tiket gratis akan diprioritaskan bagi tokoh juga masyarakat yang tinggal di sekitar Kereta Cepat Jakarta Bandung. Mereka akan mendaftar secara mandiri mulai 1 Agustus 2023.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati menyebut tiket gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung akan diberikan kepada para influencer, pengamat, komunitas, hingga wartawan. Menurutnya, profesi tersebut dipilih karena dapat membantu KCIC untuk menyosialisasikan kepada masyarakat luas.

Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung ini memiliki empat stasiun pemberhentian yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar. Setiap stasiun tersebut terintegrasi dengan moda transportasi umum di setiap wilayah.

Terintegrasi

Stasiun Halim akan terintegrasi langsung LRT Jabodebek. Sementara untuk Stasiun Padalarang akan terintegrasi langsung dengan KA Feeder KA Cepat, Commuter Line Bandung Raya, dan Commuter Line Garut. Selain transportasi umum, semua stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung juga akan terintegrasi dengan berbagai angkutan umum, transportasi online, taksi, dan berbagai akses transportasi lainnya.

Baca Juga: Pertamina Luncurkan BBM Baru 'Pertamax Green 95' Ini Keunggulannya!

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pemerintah membanderol tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung sebesar Rp 300 ribu per orang setelah masa uji coba.

Namun dari 18 Agustus sampai Oktober, kereta cepat akan digratiskan bagi masyarakat. Ridwan menjelaskan, satu kali relasi keberangkatan kereta bisa menampung 600 orang.

Karena kapasitas yang terbatas, nantinya akan ada mekanisme teknis untuk mendaftar bagi masyarakat yang ingin mencoba Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Pendaftaran akan dibuka secara online di portal yang disediakan pemerintah. Guna mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa terus memantau informasi di https://kcic.co.id/.

Spesifikasi Kereta Cepat J-B

Melansir laman KCIC per 24 Oktober 2022, desain dari kereta cepat ini adalah KCIC 400AF dengan bentuknya yang terinspirasi dari Komodo, yaitu hewan asli Indonesia. Selain itu, bagian interior KCIC 400AF pun dihiasi dengan ornamen batik Mega Mendung khususnya di bagian kursi penumpang.

Adapun rangkaian kereta cepat ini disebut-sebut ada 8 kereta dan akan dibagi menjadi beberapa kelas, mulai dari VIP Class, First Class, hingga Second Class. Untuk para penumpang difabel, KCIC 400AF juga menyediakan gerbong khusus penyandang disabilitas dengan ruang yang lebih luas untuk pengguna kursi roda.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Cicilan Murah

-Tol Cisumdawu Diresmikan: Terhubung Bandara Kertajati, Cileunyi-Cipali 40 Menit

-Alat Peraga Kampanye 2024 Akan Dicopot Jika Dipasang di Tempat Ini

-Masuk 5 Besar Tingkat Nasional Regional II, SUKAMISKIN Jalani Klarifikasi Lapangan

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Klinik 'INGGIT GARNASIH' Layanan Kesehatan Khusus Lansia, GRATIS!

Berita Terkait