ULPT dan Kemahasiswaan UNISBA Gelar Seminar Kesehatan Mental Di Ruang Kerja

Seminar Hari Kesehatan Mental Sedunia dengan takjub 'Kesehatan Mental di ruang kerja' yang berlangsung Kamis (10/10/2024 ) di Student Center, Universitas Islam Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Beban kerja yang terlalu banyak tentu dapat mempengaruhi seseorang. Bukan hanya fisik, namun mental juga dapat terpengaruh karena perasaan stres yang timbul akibat beban kerja yang dianggap terlalu berat dan berdampak pula terhadap depresi dan kecemasan.

Perasaan stres berlebih tidak hanya menciptakan emosi negatif, namun juga membuat tingkat produktivitas seseorang menjadi lebih rendah dan kesulitan untuk berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Menyikapi hal tersebut, Unit Layanan Psikologi Terpadu dan Kemahasiswaan UNISBA menyelenggarakan Seminar Hari Kesehatan Mental Sedunia dengan takjub “Kesehatan Mental di ruang kerja“ yang digelar di Student Center, Universitas Islam Bandung, Kamis (10/10/2024).

Dalam seminar tersebut Unisba menghadirkan tiga narasumber yakni Ali mubarak S.Psi,M.Psi, Psikolog, P.M Priadi S.Psi,CGA, CODP dan penceramah Ustadz Handy Bondy.

Baca Juga: BANK INDONESIA JABAR Gelar Lomba Jurnalistik

Acara pembukaan diawali dengan acara penyambutan tamu kehormatan, mahasiswa, menyanyikan lagu indonesia raya, hymne unisba dan lantunan ayat suci al quran. Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan Wakil Rektor III Unisba Dr. Amrullah Hayatudin, SHI., M.Ag.

Dr Amrullah, dalam sambutannya mengungkapkan tentang Isu kesehatan mental di lingkungan Universitas Islam Bandung

“Mahasiswa psikologi paling sadar kesehatan mental, serta ada satu sistem yang dikembangkan untuk kesehatan mental dan konsuling di sisfo UNISBA “. ujar Wakil Rektor III Unisba.

Dalam seminar yang terbagi dalam tiga sesi ini, pada sesi pertama materi disampaikan oleh Ali mubarak S.Psi,M.Psi, dengan tema Psikolog: spritual dan religiusitas di tempat kerja : membangun kekuatan batin melalui iman.

Baca Juga: Polri Gelar OPERASI ZEBRA pada 14 - 27 Oktober 2024, Ini Targetnya!

Pada sesi kedua P.M Priadi S.Psi,CGA, CODP menyampaikan materi dengan tema: kesadaran kesehatan mental : tanda-tanda umum kesehatan mental dan cara mencegahnya.

Usai paparan dari narasumber di sesi pertama dan kedua yang berlangsung Student Center, para peserta seminar di arahkan ke Masjid Al Asy'ari UNISBA.

Di halaman depan masjid Unisba tersebut telah terpampang banner, untuk dibubuhkan tanda tangan oleh peserta seminar yang mengikuti acara tersebut, sebagai komitmen peserta untuk berpartisipasi dan mendengarkan materi sesi ketiga yang disampaikan oleh Ustadz Handy Bondy.

Dengan mengambil tema : harmoni kehidupan kerja : memelihara kesejahteraan melalui praktik spiritual, Ustad handy bondy mengungkapkan, permasalahan strees di kalangan anak muda akibat Inferiority complex gangguan kepribadian yang membuat seseorang merasa rendah diri dan meragukan kemampuannya.

"Selain itu, hormon endorfin bisa dilepaskan oleh tubuh melalui olahraga maupun praktik spiritual untuk membantu mengurangi gejala depresi," pungkasnya.

Sebagai informasi, dikutip dari laman halodoc, berikut 5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja, yakni Luangkan waktu beristirahat, Bangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, Jangan membandingkan diri, Komunikasikan dengan atasan, dan Mengikuti kegiatan dengan rekan kerja.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Berita Terkait