Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapat anugerah sebagai Badan Publik Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik Tahun 2022.

Penghargaan diberikan oleh Wakil Gunernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum di Gedung Sate, Kamis 8 Desember 2022.

Baca Juga: Inilah Daftar Lengkap UMK 2023 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat

Pada kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana menyambut positif capaian Pemkot Bandung. Menurutnya, kunci keberhasilan Pemkot Bandung adalah kolaborasi.

“Membangun kota yang cerdas atau smart city tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri. Sehingga, kolaborasi merupakan satu keniscayaan,” ujarnya.

Baca Juga: Inilah Tips Memilih Set Top Box dan Lokasi Penjualannya

Selain itu, Yayan menyebut masyarakat hari ini sudah jauh lebih cerdas dalam memilah informasi. Sehingga pemerintah perlu menghadirkan informasi seterbuka mungkin.

“Pasti. Keterbukaan adalah satu keniscayaan. Meski kita sudah tahu masyarakat Kota Bandung sudah sangat cerdas dalam memilih informasi,” kata Yayan menambahkan.

Baca Juga:

-Pemerintah Bangun 200 Unit Rumah Tahan Gempa di Cianjur

-KUHP yang Baru, Berlaku Efektif 3 Tahun Setelah Diundangkan

-Libur Nataru, 2 Jalan Tol Baru dan 8 Tol Fungsional Ini Siap Beroperasi

-Inilah Daftar Lengkap UMK 2023 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat

Sementara itu Kepala Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Ijang Faisal menyebut, ajang ini merupakan apresiasi bagi badan publik di Provinsi Jawa Barat yang menerapkan keterbukaan informasi.

Menurut Ijang, hal ini membuktikan komitmen badan publik dalam pelaksanaan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Negara harus hadir dengan semangat Keterbukaan Informasi Publik. Ke depan, hal ini bukan menjadi kewajiban badan publik saja, tetapi akan menjadi budaya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum. Uu mengatakan, Keterbukaan Informasi Publik adalah yang harus dilakukan oleh badan publik.

“Dunia hari ini terbuka dalam segala-galanya. Sudah tidak layak lembaga pelayan publik tidak terbuka dalam segala hal,” kata Uu.

“Dengan keterbukaan, akan terlihat kinerja dan manfaat (lembaga) untuk masyarakat,” tuturnya.

Sebagai informasi, capaian serupa diraih Pemkot Bandung sebagai Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik Tahun 2021.**

(AA)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

-Bukan Sesar Cimandiri, Ahli Unpad Ungkap Penyebab Lain Gempa Cianjur

-Inilah Daerah yang Dilewati Sesar Cimandiri, Penyebab Gempa di Cianjur

-WAJIB TAHU! inilah 6 Cara Selamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

-Pemerintah Siapkan Rumah Type 36 bagi Warga yang Relokasi Akibat Gempa Cianjur