BERITAINSPIRATIF.COM - Rumah Sakit Hewan Universitas Padjadjaran membuka layanan pemeriksaan kesehatan hewan untuk masyarakat umum. Pembukaan pelayanan ini ditandai dengan penyelenggaraan kegiatan “Pemeriksaan Kesehatan dan Vaksinasi Rabies Gratis” yang digelar di Rumah Sakit Hewan Unpad, Jatinangor, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Manajer Bidang Pelayanan Medik Pendidikan, Pelatihan, dan Riset Rumah Sakit Hewan Unpad Drh. Pranyata Tangguh Waskita menyampaikan bahwa RSH Unpad merupakan rumah sakit hewan yang menjadi wahana pendidikan bagi mahasiswa Program Profesi Dokter Hewan di Unpad dan baru mendapatkan perizinan untuk membuka pelayanan kesehatan secara umum kepada masyarakat sekitar.

“Secara internal Rumah Sakit Hewan Unpad ini adalah rumah sakit hewan pendidikan. Artinya digunakan untuk mahasiswa Program Profesi Dokter Hewan untuk melakukan koasistensi sebelum mereka menjadi dokter hewan,” ujar Pranyata dilaman resmi Unpad.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Gedung Pusat Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RSHS Bandung

Pranyata mengatakan RSH Unpad membuka berbagai pelayanan, antara lain adalah layanan poli umum, layanan pemberian vaksinasi lengkap bagi hewan, layanan pemeriksaan darah, USG, layanan radiologi, serta pembedahan, seperti pembedahan sterilisasi.

Pranyata berharap selanjutnya RSH Unpad juga dapat membuka layanan rawat inap, layanan bedah tulang, serta pengembangan layanan berupa pemeriksaan hewan laboratorium dalam waktu dekat.

“Jadi ke depan mungkin cukup banyak layanan yang akan kita berikan. Nanti juga kita akan punya apotek veteriner dan pet shop yang menyediakan kebutuhan untuk hewan secara umum atau produk obat-obat dan pakan terstandar yang menggunakan resep dokter hewan,” kata Pranyata.

Baca Juga: 7 Provinsi Masih Berlakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Ini Daftarnya!

Lebih lanjut, Pranyata juga menyampaikan harapannya melalui pembukaan layanan untuk umum ini RSH Unpad tidak hanya sebagai wahana belajar bagi mahasiswa, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar melalui pelayanan kesehatan pada hewan.

Prayanta berharap RSH Unpad dapat ikut serta berkontribusi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai pentingnya menjaga kesehatan hewan, khususnya hewan peliharaan yang ada di rumah.

“Hewan yang sehat tentunya akan memberikan kontribusi pada kesehatan manusia, sehingga kita harus meyakinkan kepada masyarakat bahwa hewan yang ada di rumah mereka itu sehat dengan memberikan vaksinasi, kontrol kepada dokter hewan secara periodik, dan hewan juga harus dimandikan minimal dua kali dalam sebulan,” jelas Pranyata.*

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:
-Insentif RT RW dan Posyandu di Kota Bandung Naik hingga 45 Persen

-Bandung Great Sale 2024 Bakal Banyak Banjir Diskon di 21 Mal di Kota Bandung

-Inilah PROFIL 4 Pasangan Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Bandung PILKADA 2024
-KENALI, Profil 4 Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat Pilkada 2024