Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Exit tol sementara di KM 149 di Gedebage diperkirakan akan selesai pada Desember 2024 mendatang. Exit tol ini akan berfungsi sebagai solusi sementara untuk mengatasi kemacetan, sambil menunggu penyelesaian exit tol Km 149 permanen yang diperkirakan baru bisa digunakan pada tahun 2025.

Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara menyampaikan pembangunan exit tol sementara di KM 149 ini menjadi langkah penting dalam memaksimalkan infrastruktur yang ada.

"Exit tol ini dinamakan KM 149 sementara, bukan 148, karena perbedaan jarak lokasi. Ini adalah upaya kami untuk memberikan solusi bagi masyarakat, sembari menunggu perbaikan exit tol km 149 permanen," jelas Koswara saat meninjau pembangunan exit tol sementara di KM 149, Selasa, 1 Oktober 2024.

Baca Juga: Pj Wali Kota Bandung Dukung Penuh Dibukanya Exit Tol Km 149, Proyek BIUTR hingga Flyover Ciroyom

Exit tol permanen diproyeksikan akan selesai pada akhir Desember 2024. Setelah itu, rencananya akan dilakukan uji coba sebelum resmi digunakan pada tahun 2025.

Pembangunan exit tol sementara ini merupakan kolaborasi antara KCIC, Jasa Marga, dan Summarecon, sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Exit tol km 148 sementara diharapkan dapat selesai pertengahan Oktober.

Baca Juga: Pj Wali Kota Bandung Tegaskan ASN Harus Netral, Jangan Berpose dengan Jari!

Namun, menurut pihak kontraktor, ada kendala yang menyebabkan target penyelesaian mundur hingga akhir Oktober, tergantung pada proses perizinan dari pemerintah pusat.

Tim di lapangan telah menyatakan kesiapan untuk mempercepat pengerjaan, sehingga exit tol sementara ini dapat dimanfaatkan saat musim Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Untuk exit tol permanen, kami berharap bisa siap digunakan menjelang Lebaran 2025," tambahnya.

Pembangunan ini diharapkan dapat memberikan akses yang lebih lancar dan mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di jalur tersebut.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(RV) 

Baca Juga:
-Inilah PROFIL 4 Pasangan Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Bandung PILKADA 2024

-KENALI, Profil 4 Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat Pilkada 2024
-Susunan Komisi-Komisi DPRD Kota Bandung Masa Jabatan 2024-2029