Ratusan Anggota Brimob Polda Jabar Ikuti Sosialisasi Program Sejuta Rumah Bersubsidi dari Perwiranusa



Bandung, Beritainspiratif.com - PERWIRANUSA (Perkumpulan Wirausahawan Rumah Rakyat Nusantara) menggelar sosialisasi program sejuta rumah untuk ratusan anggota Brimob Polda Jabar  Kamis (16/8/2018).

[caption id="attachment_17031" align="aligncenter" width="300"] Ketum Perwiranusa Yan Permana bersama staf di mobil pelayanan rumah bersubsidi, Kamis (16/8)[/caption]

Ketua Umum Perwiranusa Ir. Yan Permana MM mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi ini yakni mengakomodir anggota Brimob untuk memiliki rumah yang layak.

[caption id="attachment_17041" align="aligncenter" width="300"] Ketua Umum Perwiranusa Ir. Yan Permana MM[/caption]

"Karena selama ini ada yang belum dapat perumahan, jadi dari asosiasi mendukung supaya mereka terakomodir dengan baik," katanya.

Total target pembangunan rumah dari di Jabar sendiri sekitar 50 ribu unit, baru sekitar 10 ribu unit lebih, sehingga Yan pun mengharapkan target tersebut bisa tercapai.

Yan  menambahkan dirinya optimis bisa mengejar target walaupun dolar saat ini cukup tinggi serta harapan asosiasi, pengembang pun bisa terakomodir dengan baik.

Selain itu target sosialisasi program sejuta rumah ini akan dilanjutkan ke kompi terdekat yang ada di Garut dan daerah lainnya.

[caption id="attachment_17032" align="aligncenter" width="300"] Para Anggota Brimob Polda Jabar sedang mengikuti sosialisasi rumah bersubsidi di Aula Mako Brimob, Kamis (16/8)[/caption]

Acara dihadiri Kasat Brimob Polda Jabar Kombes Arif Budiman,  SIK,  MH yang diwakili Wakasat Brimob  AKBP Budi Satrijo, SIK. Mhum, Kasubag Renmin Brimob Polda Jabar Kompol Wawan Gunawan,  pihak Bank BRI serta sekitar 250 anggota Brimob Polda Jabar.

"Kami menyambut baik sosialisasi ini dengan harapan para anggota Brimob Polda Jabar dapat segera memiliki rumah yang layak dan dapat membahagiakan keluarganya, " tandas Wakasat Brimob Polda Jabar AKBP Budi Satrijo, SIK. Mhum.

[caption id="attachment_17033" align="aligncenter" width="300"] Wakasat Brimob Polda Jabar AKBP Budi Satrijo, SIK. Mhum menerima penghargaan dari Perwiranusa diwakili Perwiranusa wilayah Sumedang  Riki Fazri Sujana SE,  MM, Kamis (16/8)[/caption]

Hal senada juga dikatakan Kasubag Renmin Brimob Polda Jabar Kompol Wawan Gunawan, menurutnya dari hasil sosialisasi program sejuta rumah yang dilakukan kerjasama antara Polri, Perwiranusa dan pengembang, yang dilakukan Kamis pagi (16/8/2018), anggota Brimob yang tertarik dengan kepemilikan rumah murah bersubsidi ini ternyata cukup antusias.

[caption id="attachment_17034" align="aligncenter" width="300"] Kasubdinrenmin Brimob Polda Jabar Kompol Wawan Gunawan, Kamis (16/8)[/caption]

Wawan mengatakan sampai saat ini jumlah anggota Brimob yang sudah daftar dan memenuhi persyaratan ada sekitar 882 orang.

"Sangat antusias, karena kami mengundang beberapa pengembang dan pihak Bank (BRI)," katanya.

[caption id="attachment_17035" align="aligncenter" width="300"] Pendaftaran kepemilikan rumah di mobil pelayanan, Kamis (16/8)[/caption]

Menurut Wawan, dari 250 peserta yang hadir dalam acara sosialisasi ini, 60% diantaranya memdaftarkan diri untuk bisa memiliki rumah murah bersubsidi ini.

Menurut Wawan, tidak ada pemungutan biaya apapun yang akan dibebankan, hanya saja dalam bentuk cicilan saja.

"Seluruhnya mulai dari akad kredit, tidak ada pemungutan biaya apapun", tambahya.

[caption id="attachment_17036" align="aligncenter" width="300"] Foto bersama Brimob Polda Jabar, Perwiranusa dan Pihak Bank BRI, Kamis (16/8)[/caption]

Sementara salah seorang pengembang yang tergabung dalam Perwiranusa wilayah Sumedang  Riki Fazri Sujana SE,  MM, mengatakan Sumedang  dijadikan lokasi pembangunan perumahan untuk anggota Brimob.

Riki mengatakan  pembangunan perumahan ini sesuai dengan instruksi Kapolri terkait dengan kesejahteraan anggota Brimob di seluruh wilayah Indonesia khususnya Polri di lingkungan Kabupaten Sumedang untuk memiliki rumah.

"Dari Perwiranusa mengkoordinir terkait instruksi tersebut karena memang rekapnya sudah keluar ," katanya.

[caption id="attachment_17037" align="aligncenter" width="300"] Perwiranusa wilayah Sumedang  Riki Fazri Sujana SE,  MM[/caption]

Ada beberapa kriteria yang dijadikan pertimbangan pemilihan lokasi rumah ini, salah satunya 'range' antara tempat kerja per dinas dengan lokasi rumah yakni sekitar 10 km.

[caption id="attachment_17038" align="aligncenter" width="300"] Contoh disain perumahan bersubsidi[/caption]

" Ya kebetulan dekat dengan Mako Brimob Mapolda Jabar", tambahnya.

Riki menjelaskan ada sekitar 3 lokasi yang sudah ditetapkan  menjadi lokasi perumahan ini yakni Graha Mas Tanjungsari dan Banyuresmi Garut Leles dan opsi ketiga yakni daerah Cimanggung, Sumedang.

[caption id="attachment_17039" align="aligncenter" width="300"] Sosialisasi rumah bersubsidi[/caption]

Ditambahkan Riki sampai saat ini yang sudah mendaftar ada di tiga lokasi dan tergantung keperluan anggota seperti faktor kedekatan dengan keluarga , homebase nya dan lain-lain.

Dari tiga lokasi yang dipilih terdapat 100 unit rumah di Banyuresmi Garut dengan berbagai tipe mulai tipe 30 dan 36 Sedangkan di Tanjungsari dibangun sesuai permintaan yakni sekitar 30 unit yang baru dibangun dengan tipe flet.

[caption id="attachment_17040" align="aligncenter" width="300"] Peserta sosialisasi program sejuta rumah bersubsidi[/caption]

Total luas tanah yang digunakan sekitar 40 hektar dengan pembagian wilayah Banyuresmi , Tanjungsari dan Cimanggu. Sosialisasi bisa diajukan melalui bagian kepegawaian, tambah Riki. (Dudy)

Berita Terkait