Warga Gunungkidul 6 Kali Upacara HUT RI di Tengah Laut



Gunungkidul, Beritainspiratif.com - Ratusan peserta upacara dari warga di Gunungkidul melaksanakan upacara HUT kemerdekaan di tengah Laut Selatan di sekitar Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Acara tersebut khusus digelar warga untuk memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia.

Acara ini telah berlangsung yang keenam kalinya, kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul, Marjono di lokasi, Jumat (17/8/2018) yang dilansir detiknews.com.

Upacara dilakukan dengan menancapkan tiang di sebuah papan yang diapungkan di tengah laut. Setelah teks proklamasi dikumandangkan, lalu peserta upacara menceburkan dirinya ke tengah laut.

Dari ratusan peserta tersebut, tiga di antaranya khusus membawa bendera merah-putih. Sedangkan ratusan peserta lainnya mengikuti dari belakang dengan cara berenang menerjang gelombang memakai pelampung.

Tiga orang pembawa bendera berhasil mencapai papan tertancap tiang yang terapung di tengah laut. Namun tak sedikit peserta lainnya sempat gagal ke tengah laut karena diterjang tingginya gelombang Laut Selatan.

Setelah tiga orang berhasil mendekat ke papan, lalu mereka mengibarkan bendera merah-putih. pascaberkibar, lantas mereka bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjut memekikkan 'merdeka'.

Momen ini kita angkat untuk mengembalikan kepariwisataan di Gunungkidul khususnya wisata pantai. Karena dampak gelombang tinggi kemarin banyak wisatawan yang trauma, dan takut berkunjung ke pantai," ucap Marjono.

Marjono menuturkan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan turut disiagakan perahu jukung dan jet ski di sekitar lokasi upacara bendera di tengah Laut Selatan. Sejumlah personel SAR juga disiagakan.

Yanis

Berita Terkait