Inilah Cara Mengenali Hoaks Gempa



Jakarta, Beritainspiratif.com - Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono menyampaikan bahwa siapapun dapat dengan mudah membuat tulisan semacam informasi gempa dan prediksi gempa 'karangan' (dan) selanjutnya diunggah di media sosial. Untuk itu saya menghimbau agar masyarakat tidak mudah terpengaruh soal informasi bohong (hoaks) yang diperoleh tentang gempa, jelasnya dalam keterangan pers Jumat (24/8) kutip Antara.

Beberapa poin disampaikan Daryono, bahwa untuk mengenali apakah informasi mengenai gempa merupakan kabar hoaks atau tidak, kita dapat mengenalinya melalui :

Pertama, pastikan informasi didapat dari lembaga resmi penyedia informasi gempa. Jika mereka tidak menyebutkan lembaga, alamat, nomor kontak lembaga dan nama petugas yang dapat dihubungi. Maka sebenarnya mereka tidak bertanggung jawab," tulisnya.

Saat ini, banyak lembaga resmi penyedia informasi gempa seperti BMKG, USGS (Amerika Serikat), JMA (Jepang), GFZ (Jerman), EMSC (Mediterania), Geoscope, CEA (China), dan lain-lain.

Kedua, mereka tidak menjelaskan metoda ilmiah ataupun data yang digunakan untuk memprediksi. Selain itu, Daryono juga mengingatkan bahwa hingga saat ini belum ada satu pun lembaga ilmiah dunia yang sudah bisa memprediksi kapan gempa akan terjadi.

Satu-satunya prediksi tepat soal gempa sempat terjadi di China tahun 1975. Namun, setelah itu China dan berbagai negara dunia lainnya tak berhasil memprediksi kapan gempa akan terjadi. Sekalipun mereka telah mencoba melakukan metode yang sama bahkan dengan alat yang lebih canggih sekalipun.

Ketiga, pembaca mesti kritis. Sebab, pada beberapa kasus soal hoaks gempa seringkali mencatut nama BMKG atau lembaga lainnya untuk mendapat kepercayaan pembaca.

Selain itu, mereka juga seringkali melakukan klaim metoda pengamatan tertentu untuk makin memperkuat argumen mereka. Meski ketika dicari tahu, argumen metode penelitian yang mereka sebutkan sebenarnya salah.

Keempat, mereka seringkali menuliskan klaim "infovalid" atau "valid" dalam cuitannya. Ini adalah salah satu trik persuasi untuk menguatkan keyakinan pembaca bahwa informasi yang mereka berikan memang sudah divalidasi.

Daryono mengajak masyarakat untuk tetap percaya pada akal sehat ketimbang terburu oleh kepanikan yang memang sengaja dibangun dari kabar hoaks itu.

Yanis

Berita Terkait