Siskamling Sekeburuy, Raih penghargaan dari Kaporlestabes Bandung



Bandung, Beritainspiratif.com - Siskamling (Sistem keamanan lingkungan) RW 06 Kampung Sekeburuy, Kelurahan Pasirwangi, Kecamatan Ujungberung mendapatkan penghargaan sebagai Siskamling terbaik kedua se-Kota Bandung.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema itu menjadi motivasi bagi warga setempat.

Camat Ujungberung, Taufik menyatakan, kemenangan tersebut merupakan cerminan kolaborasi apik antara semua elemen masyarakat, baik dari warga sipil, aparatur kewilayahan, hingga aparat keamanan di daerah.

“Kami berprogram dengan unsur Muspika (Musawarah pimpinan kecamatan). Semua stakeholder ini bekerja sama,” ungkap Taufik pada acara Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (29/1/2019).

Taufik menjelaskan, siskamling aktif dilaksanakan di 48 RW dari 59 RW di Kecamatan Ujungberung. Setiap malam, 10 orang berkeliling secara bergantian untuk memastikan lingkungan aman dari segala gangguan ketertiban.

“Ada pengawasnya, dari unsur masyarakat, mereka diberikan surat tugas ada juga surat teguran kalau nggak tugas setiap Muspika memantau ke tiap pos,”ucapnya.

Selain itu, Poskamling dibuat senyaman mungkin oleh warga, berbagai fasilitas keamanan sederhana dipenuhi untuk keperluan darurat.

“Ada alat pemadam kebakaran, pasir, kentongan, handy talky, dan tak lupa harus ada kopi. Itu kita sediakan kalau tidak sambil ngopi kan dingin,”pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait