Wali Kota Bandung Imbau Wisatawan Tidak Berikan Sedekah ke Pengemis di Jalan



Bandung, Beritainspiratif.com – Wali Kota Bandung Oded M Danial menyampaikan liburan Idul Fitri 2019 ini Kota Bandung dipastikan akan dipadati wisatawan domestik sepanjang liburan ini. Rutinitas tahunan tersebut dipastikan akan mengundang banyak pengemis dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) musiman di Kota Bandung.

"Saya kira sesungguhnya jangan memberikan kepada pengemis, apalagi manusia silver. Saya berharap begitu memang, bukan berarti kita tidak manusiawi," kata Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Senin (27/5/2019).

Oded menegaskan, memberikan sedekah kepada pengemis malah akan menambah permasalahan untuk Kota Bandung. "Kalaupun mau memberi sesuatu harus pada tempatnya. Artinya, disalurkan dengan baik. Tapi kalau mereka kan bakal terus begitu (mengemis)," ujarnya.

Oded menjelaskan, jika masyarakat ingin bersedekah dan membantu orang miskin, sebaiknya menggunakan lembaga yang jelas.

"Membantu orang miskin itu kewajiban kita secara agama. Tapi memberikan kepada pengemis di jalan, belum tentu dia miskin. Saya sudah membuktikan, mereka pengemis di kampungnya punya sawah," katanya.

"Saya mengimbau tidak memberikan (sedekah) itu agar kalau masyarakat mau sedekah itu tepat sasaran," ungkapnya.

[Yanis]

Berita Terkait