Pemkot Bandung Dorong Semua Elemen Edukasi Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana



Bandung,Beritainspiratif.com - Kota Bandung masih termasuk daerah dengan potensi bencana cukup tinggi. Untuk itu Pemerintah Kota Bandung terus mendorong semua elemen untuk bekerja sama terhadap kesiagaan penanggulangan bencana.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, hingga saat ini pihaknya masih mengkaji pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Saat ini, penanganan bencana masih di bawah koordinasi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB).

"Selama ini masih ada stigma Bandungmah aman dari bencana tidak ada itu. Padahal potensi bencana di Kota Bandung itu sebetulnya cukup tinggi. Ini kan ada analisa kalau patahan lembang sekala 6,5 saja dampaknya Kota Bandung 11 SR, rata Kota Bandung, karna dia cekungan,"katanya saat ditemui di Balaikota Bandung, Senin (25/11/2019).

Saat ini pihaknya mengajak seluruh elemen untuk mengedukasi masyarakat agar bisa surfive, minimal bisa menyelamatkan dirinya sendiri.

"Minimal kita bisa menyelamatkan diri kita sendiri, kalau kita selamat ketika ada bencana kita bisa menolong sebelah kita yang minta tolong. Kita sepakat mengedukasi bagaimana kita surfive dulu kalau ada bencana,"jelasnya.

Pemkot Bandung saat ini sudah mengedukasi siaga bencana di dua Sekolah Menengah Pertama (SMP), yaitu di SMPN 58 dan SMPN 34 Kota Bandung.

Sedangkan Diskar PB sendiri sudah melakukan pelatihan kesiagaan bencana di tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

"Ini harus masif yang ada struktur sampai kebawah itu salah satunya karang taruna,PKK termasuk Sekolah. Nanti masif akan dilakukan, saya sarankan masyarakat pun aga lebih mudah secara visual, edukasinya langsung dibanding seminar, FGD entar ilang. Saya juga minta ke sekolah dengan banyak simulasi bukan sekedar teori. Saya rasakan dulu kalau ada lini (gempa), masuk ke kolong meja (bawah meja), saya masih melekat sampai sekarang,"jelas Yana.

Ia mengakui, meskipun biaya anggaran untuk simulasi dinilai lebih besar. Namun pihaknya akan berusaha untuk membuat sebuah forum untuk menanggulangi bencana.

"Temen-temen mendorong juga karna di provinsi ada forum, ini yang belum di buat di Bandung. Simulasi membutuhkan biaya lebih besar dibandingkan workshop apalah gitu. Kalau anggaran terkendala, kan disitu ada unsur pengusaha medianya dari CSR bisa,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait