Perhumas BPC Bandung Kampanyekan Jabar Bicara Baik



BANDUNG. Perhumas sebagai organisasi profesi para praktisi humas dan komunikasi Indonesia yang telah berdiri sejak 15 Desember 1972 secara berkelanjutan terus menerus meningkatkan keterampilan profesional, memperluas dan memperdalam pengetahuan, meningkatkan kontak dan pertukaran pengalaman antara anggotanya.Salah satunya yang  dilakukan oleh Perhumas adalah dengan mencanangkan Indonesia Bicara baik.

Ketua Perhumas BPC Bandung, N. Nurlaela Arief menyampaikan bahwa dalam pembukaan Konvensi Nasional Humas 2016  yang telah berlangsung di Hotel Arya Duta, Bandung pada (27/10/2016) telah merilis  peluncuran Buku Indonesia Bicara Baik (IBB). Buku IBB tersebut telah diberikan kepada para tamu utama, sekaligus sebagai pembuka  kegiatan konvensi humas tahunan terbesar di Indonesia itu.

"Buku Indonesia Bicara Baik tersebut, berisikan artikel ilmiah populer dari pengurus dan anggota Perhumas se-Indonesia, terutama dari BPC Bandung. Di samping itu, IBB juga menjadi sarana artefak ilmiah dalam membangun kehumasan di Indonesia yang lebih baik ke depannya. Sumbang pemikiran ini menandakan rasa kepemilikan yang tinggi, sekaligus memperlihatkan betapa tingginya keinginan Perhumas dalam menciptkan insan humas yang konstruktif dan produktif,” kata Nurlalea kepada BeritaInspiratif.

Setelah perhumas merilis Indonesia Bicara Baik (IBB) pada KNH 2016 yang lalu, dan sejalan dengan program kerja perhumas, maka Pengurus Perhumas BPP dan BPC Jawa Barat Bandung telah pula meng-kampanyekan  Indonesia Bicara Baik ke luar negeri pada saat berkunjung ke grup media cetak terbesar di Thailand, Bangkok Post, Senin (31/07/2017) lalu. Dalam kunjungan tersebut, asosiasi humas diterima oleh Vice President Staff Developement Special Project Bangkok Post Kowit Rachiwong.

Selanjutnya, dalam rangka terus untuk mengkampanyekan Indonesia bicara baik pada Minggu (17/09/2017) siang bertempat di Cafe Kapulaga, Bandung, telah dilakukan rapat pengurus BPC Perhumas Jabar yang dipimpin oleh N. Nurlaela Arief. Rapat ini diikuti pula oleh para anggota Perhumas yang berasal dari berbagai Praktisi Humas di Kota Bandung.

Nurlaela menyampaikan, pada tanggal 9 dan 10 Desember 2017  Perhumas BPC Jabar Bandung akan mengadakan kegiatan yang merupakan program kerja Perhumas BPC Jabar Bandung. Acara tersebut dengan mengambil tajuk masih seputar kampanye Indonesia Bicara Baik dan kali ini mengarah kepada Jawa Barat atau Jawa Barat Bicara Baik.

Selain itu, lanjut Nurlaela, dalam agenda kegiatan tersebut, Perhumas akan melakukan kerjasama dengan berbagai Humas di Kota Bandung, dan rangkaian acara akan terbagi dalam dua sesi. Pertama, untuk sesi seminar di isi dengan seminar dan diskusi seputar kehumasan dengan narasumber antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua BPP Perhumas Agung Laksamana, Pimpinan Tempo TV Wahyu Muriadi, dan juga direncanakan pembicara kunci akan menghadirkan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. Untuk bidang riset akan meminta kesediaan Suwandi dari Unpad Bandung serta hiburan Artis Grace Natalie.

"Kegiatan ini akan diselenggarakan di Hotel Novotel Cihampelas, Bandung yang juga dalam rangka menyambut HUT Novotel tahun 2017 yang ke-11," ujar Asisten Marcomm Manajer Novotel Bandung, Ivan S atau Vanjou.

Untuk aksi sosial akan diisi dengan kegiatan berupa pengecatan marka atau kanstin jalan umum, pemeriksaan kesehatan gratis atau donor darah serta jalan sehat dengan start/finish di Balai Kota Bandung. Selain itu, Perhumas juga menggandeng beberapa media partner di Bandung diantaranya beritainspiratif.com

Ditempat yang sama, Dosen Universitas Langlangbuana Bandung, Eki Baihaki mengatakan bahwa kegiatan ini sangat strategis untuk memperkenalkan Indonesia Bicara Baik yang merupakan free campaign positif untuk disebarluaskan ke masyarakat luas khususnya di Jawa Barat.

"Nantinya untuk Jawa barat bicara baik, akan memuat kumpulan tulisan tokoh jawa barat yang inspiratif, dapat berupa himbauan, masyarakat jawa barat ataupun dokumentasi kegiatan," katanya.

Komunikasi yang dilakukan Perhumas dalam kampanye Indonesia Bicara Baik dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pertama dengan Digital Movement seperti social media content, online forums, dan online media. Kedua On Ground Event seperti student forum, community forum dan chief editor forum. Diharapakan dengan dua cara tersebut tujuan dari Jabar Bicara Baik dapat tersebar luas ke publik Jawa Barat. (yan/gan)

Berita Terkait