PT KAI Daop 2 Bandung Kembali Kurangi 4 Perjalanan KA Jarak Jauh



Bandung, Beritainspiratif.com - PT KA Daop 2 Bandung kembali menyesuaikan jadwal perjalanan kereta api, sehubungan dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Manager Humas PT KAI DAOP 2 Noxy Citrea mengatakan untuk KA jarak jauh, dikurangi 4 perjalanan dari yang beroperasi saat ini 8 perjalanan.

Pengurangan perjalanan KA tersebut, diberlakukan mulai Selasa (14/4).

"Jika sebelumnya ada 8 perjalanan kereta jarak jauh dari Daop 2 yang masih beroperasi, maka mulai Selasa (14/4) menjadi hanya 4 perjalanan," kata Noxy, Senin (13/4/2020).

Baca Juga:Cegah-penyebaran-covid-19-pt-kai-kurangi-kapasitas-penumpang-jarak-menengah-dan-jarak-jauh

Noxy menuturkan keempat kereta yang masih beroperasi adalah KA Argo Parahyangan Excellence relasi Bandung - Gambir jadwal keberangkatan pukul 04.35 WIB, KA Harina relasi Bandung - Surabaya Pasar Turi jadwal keberangkatan pukul 21.40 WIB, KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar jadwal keberangkatan pukul 23.15 WIB dan Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong - Kutoarjo jadwal keberangkatan pukul 22.15 WIB.

"Mulai 14 April, KA Argo Parahyangan dari Bandung menuju Jakarta hanya melayani satu perjalanan, yaitu untuk jadwal keberangkatan pagi pukul 04.35 WIB," ujarnya.

Menurut Noxy pada KA yang masih beroperasi diterapkan prosedur ketat untuk pshycal distancing, dengan membatasi kapasitas penumpang hanya 50% dari tempat duduk yang tersedia pada tiap keretanya (gerbong). Selain itu, penumpang juga diwajibkan memakai masker.

Sementara KA yang dibatalkan perjalanannya yakni KA Ciremai sore relasi Bandung-Semarang Tawang, KA Serayu Pagi pp relasi Purwokerto - Kiaracondong - Pasar Senen dan KA Argo Parahyangan relasi Kiaracondong-Gambir yang sedianya berangkat pukul 13.30 WIB.

Terkait pembatalan tiket, lanjut Noxy, calon penumpang akan mendapat pengembalian bea tiket 100%.

Calon penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan ikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri, melalui aplikasi KAI Access dan loket pembatalan di stasiun.

Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

"Calon penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, atau media sosial @kai121 untuk mendapatkan informasi terbaru tentang perjalanan KA-nya," jelas Noxy.

(Ida)

Berita Terkait