Humas Harus Tenar, Begini Penjelasan Kepala Humas BI Jabar



GARUT. Ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Garut (Ungar) begitu antusias mengikuti workshop dari Perhumas BPC Bandung, Rabu (4/10).

Workshop yang mengambil tajuk "Variety of Public Relations Writing Skill", menghadirkan dua pemateri handal yang malang melintang di bidang kehumasan yakni Humas Bank Indonesia (BI) Jawa Barat, Yayan Istiandi dan Sekretaris Umum BPC Perhumas Bandung Muhammad Sufyan.

Yayan menegaskan, seorang humas dalam suatu perusahaan harus mampu mengexplorasi segala sumber daya di dalamnya dan diberitakan kepada masyarakat. Dengan begitu, lanjut Yayan, humas harus memiliki skill dalam mengolah informasi yang layak di konsumai masyarakat.

"Humas adalah pencipta berita, yang nantinya dipublikasikan kepada media. Seorang humas harus memiliki media sosial, karena seorang humas tidak ada istilah tidak tenar," tegas Yayan.

Yayan menambahkan, setiap humas harus memiliki stakeholder yang perlu di kelola dengan baik agar bisa menciptakan image positif di mata masyarakat.

Ditempat yang sama, Sufyan mengatakan humas memiliki tugas yang cukup sentral di perusahaan. 70 persen tugas seorang humas yakni harus mampu mengelola dan menganalisis sebuah tulisan menjadi citra positif bagi perusahaan.

"Kegiatan humas adalah membuat konten yang baik terhadap perusahaan, sehingga akan memunculkan potensi yang baik terhadap perusahaan tersebut," ucapnya.

Perlu diketahui, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Perhumas Muda Bandung untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon praktisi humas sebelum terjun ke dunia kerja.

Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu langkah Perhumas BPC Bandung dan Perhumas Muda Bandung untuk memperluas wilayah kerja samanya agar tidak hanya di Bandung Raya, tetapi juga wilayah-wilayah di Jawa Barat lainnya.  Saat ini Perhumas Bandung memiliki cakupan di Bandung Raya, Purwakarta, Cirebon, Sukabumi, dan juga Garut. (gan)

 

Berita Terkait