Bio Farma Berikan Bantuan Kepada 11 UMKM Mitra Binaan yang Terdampak Covid-19



Bandung, Beritainspiratif.com - Pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan dampak sosial tapi juga secara ekonomi bagi masyarakat, terutama dengan adanya pembatasan interaksi sosial.

Menurut Kepala Divisi Pengelolaan Lingkungan & Sosial PT Bio Farma , R. Herry, 96 ℅ pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) terdampak Covid-19.

"Berdasarkan hasil survei, 96% pelaku UKM mengalami dampak negatif Covid-19 terhadap proses bisnis, 75% diantaranya mengalami dampak penurunan penjualan yang signifikan," kata Herry di Bandung, Kamis (25/6/2020).

Baca Juga:Walikota-bandung-resmikan-kebun-sauyunan-di-rw-03-kelurahan-sarijadi

Kondisi ini lanjut Herry menyebabkan penurunan kinerja keuangan pada beberapa mitra binaan PT Bio Farma, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Maka itu, perusahaan memberikan penyaluran program kemitraan dan kebijakan stimulus kepada mitra binaan, dalam mendukung pertumbuhan ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah kondisi sulit seperti saat ini.

Baca Juga:Menristek-kunjungi-fasilitas-produksi-vaksin-covid-19-bio-farma

"Bio Farma memberikan bantuan pinjaman modal usaha kepada mitra binaan, dengan harapan dapat melakukan penyerapan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, " ujarnya.

Bantuan pinjaman modal usaha diberikan kepada beberapa mitra binaan, yang mampu bertahan dan terus berkembang dalam situasi seperti saat ini.

Baca Juga:BIN-gelar-rapid-test-massal-selama-3-hari-di-kota-bandung

Penyaluran program kemitraan pada masa transisi pasca pandemi covid-19, akan diberikan kepada 11 (sebelas) mitra binaan sebagai bentuk dukungan nyata perusahaan kepada para UMKM.

“Harapan kami dengan pemberian bantuan pinjaman modal usaha ini, dapat memberikan semangat kepada para UMKM untuk bangkit dan melangkah kembali di tengah kondisi wabah covid. Meski berat tapi pasti ada kesempatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para UMKM, sehingga dapat membantu pemerintah dalam memperkuat peranan ekonomi Negara,” ucapnya.

Baca Juga:Sea-games-2019-bio-farma-beri-vaksin-polio-untuk-kontingen-indonesia

Herry menambahkan dukungan lain yang diberikan oleh perusahaan kepada para mitra binaan di masa pandemik Covid-19 ini, adalah memberikan restrukturisasi pinjaman Program Kemitraan.

"Kebijakan stimulus ini diharapkan dapat membantu dan meringankan beban UMKM, sehingga dapat bangkit dalam situasi “New Normal”," pungkasnya.

(Ida)

Berita Terkait