Dikunjungi Ridwan Kamil, Pedagang Minta Pasar Cisarua Direvitalisasi



Bogor, Beritainspiratif.com - Sejumlah pedagang di

Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor, bersuka cita pada Kamis (15/3).

 

Tak menyangka pasarnya dikunjungi Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selain mengadukan kondisi pasar, mereka juga berebut berswafoto dengan Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

 

Persoalan yang diadukan para pedagang antara lain, mulai dari kondisi pasar yang semrawut hingga masalah sengketa lahan antara pedagang dan pengelola pasar.

 

Ace, 42 tahun, pedagang sayuran, mengeluhkan akses keluar masuk pasar yang hanya melewati satu pintu masuk.

 

Akibatnya pasar selalu macet. “Ini jalan sempit, di kiri-kanan banyak yang parkir, kalau ada mobil papasan pasti macet,” katanya.

 

Kondisi tersebut menurut Ace menjadi pemicu turunnya minat beli dari warga.

 

“Orang kan jadi males masuk ke pasar, pembeli lebih suka belanja di depan. Saya minta kondisi ini dibenahin deh,” tambah Ace.

 

Kepala Unit Pasar Cisarua Mira, 36 tahun menyatakan hal serupa.

 

Menurut dia, sengketa yang terjadi bukan antara pedagang dan pengelola Pasar Cisarua, melainkan dengan Pasar Festival Cisarua.

 

“Jadi sebetulnya yang di depan itu awalnya Pasar Festival, setelah izinnya habis, mereka tetap berjualan dan pedagang yang berjualan di luar pun semakin banyak,” kata Mira.

Saat berdialog dengan Ridwan Kamil, mereka berharap jika Kang Emil ditakdirkan jadi Gubernur dapat menata pasar yang semrawut ini menjadi lebih baik.

“Pasar Cisarua ini sudah 27 tahun, bangunannya sudah banyak yang rusak dan kondisinya semrawut. Kami berharap pasar ini direvitalisasi," ucap Mira.

Ridwan Kamil menampung semua persoalan dan aspirasi para pedagang untuk dicarikan solusi yang tepat.

 

Pertama, tentang kondisi pasar sudah tua, pedagang minta direnovasi, kedua masalah akses jalan menuju pasar, masalah ketertiban, dan permodalan juga minta dimudahkan.

"Ada juga masalah status tanah dan bangunan yang sebentar lagi habis masa pakainya dan pedagang minta dinegosiasikan agar status pedagang ini bisa langgeng,” ujarnya.

Jika dirinya terpilih menjadi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berjanji akan menata dan menjadikan Pasar Cisarua sebagai pasar wisata.

 

Karena pasar ini lokasinya di daerah yang sejuk, di Kota Bogor juga banyak didatangi wisatawan asing.

“Secara umum saya senang karena pasar Cisarua ini rame, berada di daerah Bogor yang sejuk jadi tidak hareudang (panas). Jadi kalau di promosikan kepada turis, harusnya mantap.

 

Tinggal kita dekor, bikin nyaman dan jadikan pasar ini sebagai pasar wisata," ujarnya.(Yones)

Berita Terkait