Kopi Garut Jadi Incaran Mancanegara



Garut, Beritainspiratif.com - Siapa yang tidak kenal kopi.

Mayoritas orang tahu, bahkan sudah dijadikan minuman wajib.

 

Hal inilah yang menginspirasi Hari Yuniardi asal Garut yang menggagas pengolahan berbagai jenis kopi asli Garut Jawa Barat.

Ia bersama istrinya, Enung telah lama menekuni usaha pengolahan kopi asli Garut mulai dari modal kecil hingga akhirnya mampu mendapatkan omzet ratusan juta rupiah dengan jumlah produksi 150 sampai 200 kilogram kopi matang.

 

"Kopi yang diolah di sini sudah mendunia dan mendapat dua kali penghargaan tingkat internasional," ujar Hari, Kamis (15/3).

 

Pemerintah Kabupaten Garut Jawa Barat, mengapresiasi perusahaan yang digagas Hari Yuniardi beserta istrinya ini karena telah berhasil mengembangkan bisnis yang membuat kopi asli daerah setempat kian mendunia.

 

"Kopi asal Garut ini unik dan nikmat apalagi disuguhkan ala ke kafe-kafean. Garut memang mantap," kata Koesmayadie didampingi Plt Kepala Dinas Pertanian Beni Yoga.

 

Ia menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Garut akan berkoordinasi langsung dengan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat terkait penyebaran bibit kopi, bahkan tanaman khas lain dari yakni jeruk.

Menurut dia, secara geografis Kabupaten Garut cocok untuk ditanami berbagai jenis kopi seperti jenis arabica karena Garut memiliki lahan dataran tinggi yang baik untuk tanaman kopi.

Ia menyebutkan, kawasan yang bagus untuk tanaman kopi yakni Gunung Papandayan, Cikuray, dan Kamojang bahkan mampu menghasilkan kopi berkualitas bagus dan membuat ketagihan para penikmat kopi.

"Kondisi ini yang akan membawa perubahan terhadap faktor perekonomian dan pendapatan asli daerah, " katanya.  (Kaka)

Sumber : Ant.

Berita Terkait