Komisi I DPRD Jabar Siap Kawal Pemekaran Kabupaten Garut



Bandung, Beritainspiratif.com - Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Garut Selatan belum terwujud, kini Pemkab Garut menyetujui rencana pemekaran Garut Utara.

Bupati dan Wakil Bupati Garut menyetujui rencana pembentukan DOB Garut Utara, pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut yang dihadiri Forum Masyarakat Garut Utara pada Kamis (1/10/2020).

Menanggapi hal itu DPRD provinsi Jawa Barat, Siap mendorong percepatan pemekaran Kabupaten Garut.

Baca Juga:Menpora-launching-logo-hari-sumpah-pemuda-2020-ini-maknanya

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Bedi Budiman menyatakan, pihaknya akan mendorong percepatan proses pemekaran Kabupaten Garut.

Ia mengaku telah menerima kesimpulan dan pendapat dari para ahli dan upaya aparatur pemerintah untuk persiapan Calon DOB di Kabupaten Garut.

“Untuk pemekaran kabupaten Garut Selatan sudah mendesak, sehingga kami dari komisi satu akan mempercepat proses penyelesaiannya,“ kata Bedi usai melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga:Ratusan-mahasiswa-unjuk-rasa-di-depan-gedung-dprd-jabar-tolak-uu-cipta-kerja

Kunjungan kerja tersebut dalam rangkaian Pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB).

Bedi menandaskan DPRD Jabar akan memperjuangkan agar moratorium pembentukan DOB, segera di cabut sehingga calon daerah otonom baru di Jawa Barat dapat segera terwujud.

“Dan kami akan terus memperjuangkan agar moratoriumnya dicabut, ketika moratorium dicabut kita sudah siap, sehingga kabupaten Garut Selatan segera terwujud," ujar Bedi.

Baca Juga:Hut-ke-75-tni-ketua-komisi-i-dprd-jabar: kami-bangga-tni

Bedi menyebut, ada beberapa kendala dalam proses CDPOB, salah satunya kesiapan aparatur perangkat pemerintahan dan pendapatan asli daerah (PAD) dari CDPOB.

Namun demikian tegas Bedi Pemprov Jabar dan DPRD Jabar, akan selalu memberikan pengawalan dan membantu memecahkan kendala yang dihadapi pada saat perumusan CDPOB.

"Dalam proses menuju Daerah Otonom Baru, kami akan terus mengawal dan membantu dalam mengatasi kendala dalam proses pengajuan CDPOB, " tegas Bedi.

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

(Ida)

Berita Terkait