Universitas Pertamina Raih Rekor MURI Penyelenggaraan Seminar Daring



Jakarta, Beritainspiratif.com - Di masa pandemi COVID-19, Universitas Pertamina telah menyelenggarakan 32 kali seminar daring dengan menghadirkan 75 pembicara terhitung 20 Maret sampai dengan 14 Desember 2020. Atas prestasi tersebut, Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) menganugerahkan penghargaan kepada Universitas Pertamina sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang menyelenggarakan seri webinar (web-seminar) terbanyak selama pandemi COVID-19 Tahun 2020.

Jaya Suprana, pendiri MURI, menyampaikan kebanggaannya pada universitas yang baru berusia 5 tahun tersebut. Menurutnya, momentum pandemi ini harus menjadi motor penggerak bagi semua pihak, khususnya institusi pendidikan tinggi untuk meningkatkan produktivitas dalam mengembangan iptek berbasis nilai-nilai humaniora. 

“Hakikatnya, perguruan tinggi berperan sebagai pembentuk watak peradaban bangsa yang bermartabat. Saya harap, dengan pencapaian ini Universitas Pertamina akan senantiasa mengawal para civitas academica untuk terampil mengarungi tantangan zaman,” ungkapnya dilaman resmi Pertamina pada acara Dies Natalis ke-5 sekaligus Lustrum ke-1 Universitas Pertamina yang digelar Senin, (01/02/2021) lalu.

Baca Juga:Kapolri Minta Kapolda Sosialisasikan PPKM Hingga RT RW

Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun memiliki dampak luas bagi seluruh bidang termasuk pendidikan tinggi. Terutama, dalam kaitannya terhadap akselerasi pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Berdasarkan data dari Kemendikbud, sejak dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan, tercatat lebih dari 4.000 institusi pendidikan tinggi di Indonesia, 7 juta mahasiswa, dan 300.000 dosen mulai menggunakan dan mengembangkan Learning Management System (LMS) berbasis gawai.

Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka, mengatakan peralihan ini akan membuka cakrawala baru bagi dunia pendidikan tinggi. Metode pembelajaran semakin bervariasi. Para dosen dan mahasiswa menjadi individu yang lebih adaptif, inovatif, dan kreatif. 

“Mereka diharuskan memiliki literasi digital yang mumpuni. Sehingga, akan terbiasa untuk menuntut ilmu di mana saja dan melalui media pembelajaran digital apa saja, misalnya melalui seminar daring,” ungkapnya.

RV/-

Baca Juga:

Berita Terkait