Lantik 4 Ketua RW Baru, Lurah Sukamiskin Ingatkan Kang Pisman



Bandung, Beritainspiratif.com - Pergantian Ketua RT/RW merupakan fenomena yang biasa terjadi di sebuah organisasi masyarakat sebagai implementasikan kemampuan dan pengalaman di bidang kegiatan sosial kemasyarakatan selama periode 3 tahun.

Mengacu pada Perda Nomor 02 TAHUN 2013 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) masa bakti RT/RW adalah tiga tahun.

“Masa Bakti Pasal 18 (1) Masa bakti pengurus RT dan RW adalah 3 (tiga) tahun terhitung mulai tanggal Penetapan Lurah dan dapat dipilih kembali untuk 2 (dua) kali masa bakti berikutnya,” tulis Perda.

Selama bulan Februari 2021 ini di Kelurahan Sukamiskin tercatat telah empat kali melakukan pelantikan/pergantian RT RW baru sehubungan berakhirnya masa bakti.

Baca Juga:Tingkat Keterisian Ruang Isolasi Pasien Covid-19 RS di Jabar Menurun

Ditemui Beritainspiratif.com di Kelurahan Sukamiskin, Senin, (15/2/2021) Lurah Sukamiskin Farida Agustini menyampaikan pihaknya dalam bulan Februari 2021 ini sudah empat kali melakukan pelantikan Ketua RW yakni RW 09, RW 03, RW 15, dan RW 13 Sukamiskin beserta RT nya.

“Ya sudah 4 RW yang kami lantik, beberapa pelantikan waktunya sedikit bergeser, mengingat situasi pandemi Covid-19,” ujar Farida.

RW 09 Sukamiskin – Takakura

RW 09 Sukamiskin Takura kembali dipimpin oleh Ketua RW lama Dandan untuk periode 2021 – 2024. Pelantikan yang dilaksanakan pada Sabtu, (6/2/2021) selain dihadiri Lurah Sukamiskin juga dihadiri Camat Arcamanik Firman Nugraha. Turut hadir Kasie Kelurahan Sukamiskin, ASN Sukamiskin, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Acara berlangsung di Taman/bale Takakura.

RW 03 Sukamiskin – LP Sukamiskin

RW 03 LP Sukamiskin terpilih merupakan seorang sosok Ibu rumah tangga yakni Ibu Sundari. Dengan dilantiknya Ibu Sundari menjadi Ketua RW 03, maka di Kelurahan Sukamiskin kini terdapat 2 sosok srikandi bersama Ibu Imas Ketua RW 08 Sukamiskin.    

Pelantikan pengurus RW 03 periode 2021 – 2024 berlangsung di aula kelurahan Sukamiskin pada Selasa (9/2/2021) di hadiri oleh ASN Sukamiskin, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

RW 15 Sukamiskin – Puri Dago

Ketua RW 15 Puri Dago Sukamiskin terpilih untuk periode kedua adalah Dzajuli. Pelantikan pengurus RW 15 periode 2021 – 2024 berlangsung di RW 15 Puri Dago pada Sabtu (13/2/2021) di hadiri oleh Seklur Sukamiskin, Kasie Kelurahan Sukamiskin, ASN Sukamiskin, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

RW 13 Sukamiskin – Kampung Loseda (Waste to Food)

Ketua RW 13 Sukamiskin terpilih Asep Yusup dan Ketua RT 07 Soenantyo dilantik untuk masa bakti 2021 – 2024. Pelantikan dilaksanakan di aula Kelurahan Sukamiskin pada Senin (15/2/2021), dihadiri Seklur Sukamiskin, Kasie Kelurahan Sukamiskin, ASN, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Ketua RT yang hadir.

Lurah Sukamiskin Farida Agustini selalu mengingatkan akan tugas pelayanan yang diemban oleh para Ketua RT/RW agar dapat  terus ditingkatkan dan diberikan yang terbaik.

Farida Agustini juga selalu menekankan program Pemerintah Kota Bandung di bidang lingkungan dan kebersihan yakni Kang Pisman dan ODF dan stunting, agar terus dilaksanakan sehingga dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat, serta terwujudnya Kawasan Bebas Sampah (KBS).

“Para RT/RW ajaklah terus menerus warga, untuk terus memilah sampah mulai dari rumah,”tegasnya.

Seperti diketahui bahwa Kelurahan Sukamiskin merupakan project percontohan Kang Pisman di Kota Bandung. Di Sukamiskin pengelolaan sampah Kang Pisman dilakukan dengan metode magotisasi yang terintegrasi dengan urban farming, Buruan Sae, Waste to Food hingga peternakan ayam dan ikan.

Didukung penuh dari DLHK dan Dispangtan serta lainnya, Sukamiskin telah beberapa kali mendapatkan kunjungan dan penghargaan dari Instansi Pusat, para Kepala Dinas/Instansi, Wakil Walikota Bandung dan lainnya serta terakhir Walikota Bandung Oded M Danial yang terjun langsung ke area Kang Pisman di RW RW wilayah Kelurahan Sukamiskin.

Rangkaian acara pelantikan dilaksanakan dengan penerapan Protokol kesehatan yang ketat dan dengan Jumlah terbatas serta penerapan 3 M.

Yanis

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

3. Rumah Modern Minimalis, View Danau di Bandung Barat Harga Rp300 Jutaan

Berita Terkait