3.000 Warga Kel. Sukamiskin Kota Bandung Ikuti Vaksinasi Massal Covid-19

Kepala UPT Puskesmas Arcamanik Dokter Riska bersama Lurah Sukamiskin Farida Agustini saat dilokasi vaksinasi massal SMP-SMA Mutiara Bunda Kota Bandung, Sabtu (17/7/2021) Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi bagi masyarakat Indonesia dalam upaya pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity), Kelurahan Sukamiskin bersama UPT Puskesmas Kecamatan Arcamanik Kota Bandung menutup rangkaian gelaran vaksinasi massal yang diikuti 17 RW di Kelurahan Sukamiskin dan berlangsung selama 6 hari mulai dari 12 - 17 Juli 2021 di SMP-SMA Mutiara Bunda Jalan Lapangan Golf Arcamanik Kota Bandung, Sabtu (17/7/2021).

Target awal pelaksanaan vaksinasi massal di Kelurahan Sukamiskin ini  semula diperkirakan sekitar 1.000 warga per harinya, sehingga apabila berlangsung selama 6 hari maka target warga yang akan tervaksin sekitar 6.000 orang warga. Namun vaksinasi yang berlangsung selama 6 hari ini hanya mencapai 3.000 orang atau sekitar 500 orang per harinya, mengingat banyaknya warga yang telah mengikuti vaksinasi di berbagai tempat.

Ditemui beritainspiratif.com di lokasi, Akhmad Kasubag TU UPT Puskesmas Arcamanik menjelaskan bahwa pencapaian vaksinasi 3.000 orang tersebut sudah maksimal, mengingat sebagian besar warga Sukamiskin telah mengikuti vaksinasi di berbagai tempat dengan berbagai penyelenggara termasuk di UPT Puskesmas Arcamanik.

“Sebagian besar warga sudah di vaksin di kantor instansinya masing-masing, atau mengikuti vaksinasi massal di tempat lain seperti di Sport Jabar Arcamanik, Kesdam, Instansi swasta, BCA, Grab, Gojek dan sentra vaksinasi lainnya. Selain itu pelaksanaan vaksinasi ini juga dimaksudkan untuk menjaring warga yang belum sempat mengikuti vaksinasi yang sebelumnya telah digelar oleh berbagai penyelenggara,” tegasnya.

Baca Juga: Sudah Divaksin Covid-19 ? Begini Cara Unduh Sertifikatnya

Ditempat yang sama, Lurah Sukamiskin Farida Agustini menambahkan selain banyaknya warga yang telah mengikuti vaksinasi di tempat yang lain, tidak menutup kemungkinan ada warga yang tidak mau di vaksin dengan berbagai alasan misalnya sakit, takut dan sebagainya.

“Saat ini melihat di lapangan kesadaran masyarakat mengikuti vaksinasi meningkat dan sangat antusias sekali. Selain itu gencarnya pemberitaaan bahwa sertifikat vaksin menjadi satu persyaratan untuk pengurusan sesuatu atau bepergian jauh, menjadi salah satu motivasi bagi warga,” ungkap Lurah Sukamiskin.

Tonton Juga: Video liputan vaksinasi di Kelurahan Sukamiskin

Disinggung tentang dugaan masih adanya warga yang belum mau di vaksin, Lurah Sukamiskin mengingatkan bahwa sertifikat vaksin tersebut pada akhirnya akan digunakan untuk persyaratan dan kepentingan  warga itu sendiri.

“Kami di kewilayahan terus mendorong dan menghimbau warga untuk mengikuti vaksinasi, terutama memberikan himbauan pada momen momen penyaluran bansos, dan pengurusan administrasi di Kelurahan,” ujarnya.

“Himbauan juga dilakukan melalui kewilayahan di RT/RW ke warganya masing-masing,” tambahnya.

UPT Puskesmas Arcamanik pun terus melakukan edukasi kepada masyarakat hingga RT/RW, tentang manfaat vaksinasi yakni memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena dengan semakin banyak yang di vaksin akan terbentuk kekebalan imunisasi komunal.    

Kepala UPT Puskesmas Arcamanik dr. Riska menambahkan bahwa 2 (dua) Kelurahan diwilayahnya yakni Kelurahan Sukamiskin dan Kelurahan Cisaranten Bina Harapan saat ini telah selesai melaksanakan vaksinasi massal.

“Selanjutnya vaksinasi massal di wilayah Kecamatan Arcamanik lainnya yakni Kelurahan Cisaranten Endah dan Cisaranten Kulon, yang berada dibawah UPT Puskesmas Rusunawa, akan digelar dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

*Ketua RW 12 Sukamiskin Idjaz saat mengikuti vaksinasi Covid-19

Dibagian akhir Lurah Sukamiskin Farida Agustini menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat dan mendukung terlaksananya vaksinasi massal selama enam hari ini sejak 12 hingga 17 Juli 2021.

“Saya sampaikan yang pertama kepada UPT Puskesmas Arcamanik beserta jajarannya dibawah pimpinan Dokter Riska yang selalu siap setiap saat apabila kewilayahan membutuhkan koordinasi,” ungkap Farida.

“Lalu dari mahasiswa STIKES Dharma Husada, Karang Taruna, LPM, PKK, Relawan, Forum RW, KIM, Linmas, Gober, Satpol PP Arcamanik, serta dukungan dari Camat Arcamanik Firman Nugraha,” lanjutnya.

“Kemudian yang tidak saya lupakan, saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Mutiara Bunda yang sangat mendukung digelarnya vaksinasi massal ini, dengan tempat yang nyaman dan sarana/prasarana yang sangat memadai, dengan parkir yang luas serta dukungan internet yang luar biasa dahsyat banget,” ujar Farida.

“Direncanakan untuk vaksinasi kedua akan digelar pada 14-15-16 Agustus dengan tempat tetap digelar disini, dan pihak Yayasan Mutiara Bunda sudah mendukungnya,” pungkasnya.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait