Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, Kejar Target Vaksinasi Minimal 80 Persen



Bandung, Beritainspiratif.com - Hari ini jumlah sasaran vaksinasi bagi warga usia 12-17 sebanyak 1.000 orang. Sedangkan sasaran untuk usia 18 keatas hingga lansia sekitar 6.000 orang, dengan capaian jumlah warga yang sudah tervaksin sekitar 3.200 orang.

Hal tersebut disampaikan Lurah Cisaranten Bina Harapan Deden Mardeni saat ditemui Beritainspiratif.com disela-sela kegiatan Gebyar Vaksin bagi warga Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik usia 12-17 yang berlangsung di halaman Masjid At Taqwa, Rabu (1/9/2021).

Lurah Cisaranten Bina Harapan Deden Mardeni menyampaikan bahwa saat ini kami bersama RT, RW bekerjasama dengan Kader PKK/Posyandu, Karta dan pihak terkait lainnya tengah melakukan pendataan/verifikasi bagi warga usia 0-5, usia 6-11 untuk digunakan sebagai data base sasaran vaksinasi.

“Saat ini sasaran vaksin masih dibatasi dari usia 12 hingga lansia, nantinya tidak menutup kemungkinan kedepan vaksinasi juga diperuntukkan bagi anak usia sekolah dasar (SD), Taman Kanak-Kanak (TK). Dengan date base yang dimiliki ini, kita sudah siap siapa saja yang akan menjadi sasaran vaksinasi,” ungkap Lurah Mardeni.

Baca Juga: Camat Arcamanik Harapkan Seluruh Ketua RW Miliki Data Real Warga yang Tervaksin

Saat ini khusus di Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, dengan penyelenggaraan gebyar vaksinasi hari ini untuk usia 12-17, adalah upaya kami dalam rangka mengejar target minimal 80 persen warga  tervaksin.

“Hal ini sesuai arahan pemerintah pusat, bahwa vaksinasi harus tetap terus berjalan agar pembelajaran tatap muka (PTM) dapat segera bisa dilaksanakan secepatnya,” terangnya.

Selain itu ditambahkan bahwa Kelurahan Cisbinhar bersama Sukamiskin akan melakukan pelayanan vaksinasi bagi disabilitas.

“Ini khusus disabilitas, dan pelayanannya tidak dicampur dengan masyarakat umum (terpisah),” jelasnya.

“Bagi warga/disabilitas yang tidak bisa datang karena tidak bisa jalan, lumpuh dan sebagainya kita akan kunjungi ke rumah (door to door) jemput bola,” tambahnya.

Lanjut Lurah, sebetulnya data warga yang sudah divaksinasi di Cisbinhar lebih banyak lagi, hal tersebut mengingat banyak warga yang mengikuti vaksinasi di luar Puskesmas Arcamanik, dan mengikuti vaksinasi yang digelar berbagai pihak.

“Banyak warga Cisbinhar yang melakukan vaksinasi di sport jabar, ada juga di polda, GOR Futsal, di Hussein dan di kantor masing-masing warga, sehingga pelayanan vaksin di luar Puskesmas ini yang perlu kami lakukan pendataan. Nantinya dengan pendataan tersebut akan terdeteksi  jumlah real warga yang tervaksin baik dosis 1 maupun dosis 2,” tuturnya.

Di akhir perbincangan terkait capaian dan edukasi ke warga, Lurah Cisbinhar menyampaikan bahwa kami terus melakukan edukasi dan himbauan kepada warga, bahwa vaksinasi ini sangat penting, ini adalah untuk kebutuhan kesehatan warga sendiri dan dalam upaya menjaga daya tahan tubuh.  

“Kami terus melakukan edukasi ke warga, dan saat ini vaksinasi di Kelurahan Cisbinhar sudah mencapai sekitar 45-50 persen, belum lagi ditambah dengan gebyar vaksin hari ini, jumlahnya akan naik lagi,” terang Lurah Cisbinhar.

“Mudah-mudahan target minimal 80 persen warga tervaksin di Kelurahan Cisbinhar akan tercapai di Desember nanti dan PTM dapat segera berjalan,” pungkasnya.

Yanis

Baca Juga:

- Bank Indonesia Cabut 20 Pecahan Uang Rupiah Khusus dan Tidak Berlaku Lagi

- Inilah Daftar Level PPKM Daerah di Jawa-Bali, Berlaku Hingga 6 September

- Masjid/Mushala Bisa Dapatkan Bantuan dari Ditjen Bimas Islam Rp10-20 Juta

 

Berita Terkait