Dishub Jabar Gelar Vaksinasi bagi Pelaku Transportasi

Dishub Jabar saat menggelar vaksinasi COVID-19 terhadap pekerja sektor transportasi dan logistik, serta masyarakat umum berlangsung pada 9-16 September 2021 / Foto: Humas Jabar


Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar menggelar vaksinasi COVID-19 terhadap pekerja sektor transportasi dan logistik, serta masyarakat umum pada 9-16 September 2021. 

Kepala Dishub Jabar Hery Antasari menuturkan, vaksinasi yang digelar dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional pada 17 September tersebut akan dilakukan di 19 kabupaten/kota dan bertujuan untuk mendorong menuju vaksinasi 37 juta warga Jabar pada akhir 2021. 

"Rencananya selama dua hari ini kita memvaksin 22.700 orang pekerja sektor transportasi dan logistik, serta masyarakat umum di 19 kabupaten/kota. Ini dilakukan seiring dengan pelonggaran sektor transportasi, tetapi tetap dalam kesiagaan," katanya dalam sambutan pembukaan vaksinasi secara virtual, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: 234 Titik Buruan SAE Tersebar di Seluruh Kelurahan di Kota Bandung

Menurut Hery, vaksinasi COVID-19 sektor perhubungan dan masyarakat umum dapat berlangsung berkat kolaborasi sejumlah pihak, seperti Dishub Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Jabar, dan Pemda Kabupaten/Kota. 

"Jadi, ini serentak dilaksanakan di 19 kabupaten/kota, kerja sama antara jajaran Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah," ucapnya.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Jabar Dewi Sartika memaparkan, Jabar harus memvaksin sekitar 37,9 juta jiwa untuk mengejar kekebalan komunal atau _herd immunity_ pada akhir 2021. 

"Sejauh ini kita sudah bisa mencapai vaksinasi jumlah terbanyak se-Indonesia yaitu 200 ribu lebih per hari. Namun untuk mengejar target _herd immunity_ akhir Desember sebanyak 37 juta lebih, maka kita harus menyuntikan vaksin 400 hingga 500 ribu per hari," katanya.

Dewi juga mengapresiasi jajaran Dinas Perhubungan yang melaksanakan vaksinasi COVID-19 terhadap pekerja sektor transportasi dan logistik, serta masyarakat umum.

"Vaksinasi harus dibarengi pencatatan administrasi yang jelas dan tepat, untuk laporan ke Pemerintah Pusat. Jika administrasinya jelas dan tepat, maka kita akan mendapat tambahan vaksin sesuai yang kita minta secara cepat pula," ucapnya. 

Berdasarkan data pen-proud-udata.id per 3 September 2021, masyarakat di Jabar yang telah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis pertama sebanyak 10.208.833 orang. Adapun untuk dosis kedua sebanyak 5.356.880 orang.

Total distribusi vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat ke Jabar per 3 September 2021 sebanyak 19.215.412 dosis. Sedangkan realisasi sudah mencapai 15.421.279 dosis atau 80,25 persen dari total distribusi. 

(Ida)

Baca Juga:

Pemerintah Luncurkan Program Bantuan Tunai Untuk PKL dan Warung Rp1,2 Juta

Inilah Manfaat Lain Aplikasi Peduli Lindungi, Selain Unduh Sertifikat Vaksin

Kota Bandung Zona Kuning: Tempat Wisata, Olahraga, Saung Udjo Direlaksasi

5 Anggota Bhayangkari Polres Tabanan Turutserta Sebagai Vaksinator Covid-19

Berita Terkait