Benda Abad Ke 10 Ditemukan Di Kediri Jawa Timur



Kediri, Beritainspiratif.com - Sejumlah benda ditemukan, benda tersebut  diperkirakan peninggalan  abad ke 10 Masehi atau era sebelum kerajaan Kediri.

Struktur batu bata yang menyerupai sebuah pagar panjang dan tiga batu andesit berukir ditemukan di lahan penggalian tanah uruk milik Zaenudin, warga Desa Semanding, Kecamatan Pagi, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Seperti diberitakan Elshinta.com, temuan ini diketahui sejak tiga minggu yang lalu ketika pekerja melakukan aktifitas penggalian tanah untuk tanah urug. Namun petugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri serta kepolisian baru mendatangi lokasi penemuan, setelah menerima informasi dari masyarakat.

Eko Priatna, Kasi Museum dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri mengatakan, belum diketahui bentuk dari temuan tersebut apakah berupa struktur bangunan atau hanya struktur pagar serta zaman peninggalan.

“Kami masih menunggu badan pelestarian cagar budaya Provinsi Jawa Timur untuk melakukan penelitian,” kata Eko Priatna, Selasa (27/3) mengutip beritajatim. Dirinya menyayangkan karena sebagian besar batu bata penemuan ini dalam kondisi rusak akibat penggalian.

Batu bata yang ditemukan di lokasi mempunyai ukuran panjang 40 centimeter, lebar 20cm dan ketebalan 10 cm. Sedang batu andesit berbentuk oktagon kecil berukuran tinggi 53 cm, lebar atas 35 cm, lebar bawah 44 cm dengan diameter 21 cm. Sedang batu oktagon ukuran besar memiliki tinggi 57 cm, lebar atas 33 cm, lebar bawah 35 cm dengan diameter lubang 11 cm. Sementara batu berbentuk balok panjang 80 cm, lebar 42 cm, dengan ketebalan 21 cm dan terdapat ukiran khas Kediri. (Kaka)

 

Foto :beritajatim.com

Berita Terkait