Hari Batik Nasional 2021, Pullman Ciawi dan Batik Danar Hadi Gelar Berbagai Acara

Foto: dok. Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention


Ciawi, Beritainspiratif.com - Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021, Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berlangsung sejak  9 September 2021 lalu, melalui kerjasama dengan Batik Danar Hadi Solo bertemakan “Bangga Berbatik Itu Asyik ..” digelar secara online.

Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention, yang dibuka pada 21 Mei 2019 terletak di tepi kota Jakarta di Gadog, Bogor, Jawa Barat dan merupakan sebuah resor bintang lima. 

Lokasi resor berada di dataran tinggi dan langsung menghadap pemandangan 3 gunung yang memukau yaitu Gunung Pangrango, Gunung Salak dan Gunung Geulis. 

Baca Juga: LRT Jabodebek Akan Hadir Jangkau Masyarakat di 18 Stasiun

Batik Danar Hadi

Merupakan sebuah perusahaan keluarga yang didirikan pada tahun 1967 oleh pasangan suami istri Alm. H. Santosa Doellah dan Hj. Danarsih Hadipriyono, yang  merupakan keturunan pengusaha batik.  

Setelah 50 tahun, kini Danar Hadi menjadi salah satu dari tiga besar pengusaha batik di Indonesia yang berkembang dengan dorongan rasa cinta pemiliknya terhadap batik.

Miliki corak yang khas Batik Danar Hadi merupakan perpaduan idealisme dengan manajemen modern saat ini dan siap menghadapi tantangan perkembangan zaman dan diterapan melalui Bisnis Ritel, Pesanan Khusus, Ekspor dan Pariwisata. 

Danar Hadi pun mengelola pusat pelestarian budaya batik melalui sebuah museum yang terkenal dengan nama: Museum Batik Danar Hadi, yang dibuka untuk umum sejak tahun 2008 di kota asal Batik Danar Hadi, Solo, Jawa Tengah.  

General Manager Pullman Ciawi Gilles Tressens menyampaikan bahwa tujuan  kolaborasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, keyakinan dan kecintaan  terhadap batik. Dan yang tak kalah penting, kerja sama juga disinyalir dapat menumbuhkan rasa bangga dalam melestarikan batik.

“Kerja sama antara Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention dan Batik Danar Hadi merupakan apresiasi terhadap batik sebagai warisan kebudayaan nasional dari nenek moyang bangsa Indonesia.  Batik juga mengajarkan banyak pesan melalui karya seni bernilai tinggi yang menunjukkan keberagaman bangsa Indonesia melalui motifnya, oleh itulah UNESCO menetapkan Batik Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tahun 2009”, ujar Gilles Tressens. 

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pullman Ciawi bersama Danar Hadi digelar secara online dan terbuka untuk umum meliputi:

1. Program Giveaway bertema: “Bangga Berbatik Itu Asyik .. “ yang dimulai pada tanggal 9 September 2021.  Program ini akan memenangkan 2 orang dengan memberikan hadiah menginap di Pullman Ciawi dan bingkisan cantik dari Danar Hadi.  Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 24 September 2021.

2. Lomba Menggambar Motif Batik yang dimulai pada tanggal 14 – 27 September 2021 dimana 2 pemenang akan dipilih berdasarkan keindahan karya dan banyaknya dukungan yang didapat dari teman dan keluarga.  Pemberian dukungan dilakukan melalui Instagram.  Pemenang akan diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2021.

3. LIVE Virtual Tour ke Museum Batik Danar Hadi yang akan diadakan pada tanggal 21 September 2021.  3 hadiah menarik disediakan untuk pemirsa yang berinteraksi aktif selama virtual tour berlangsung

Mari rayakan Hari Batik Nasional bersama kami dan lestarikan batik agar tetap menjadi identitas, kebanggaan dan bagian dari budaya Bangsa Indonesia.

(Yanis)

Baca Juga:

Semula Level 4, Kini Kabupaten Purwakarta Berstatus PPKM Level 2

Pertama Kali BOR Jabar Sentuh 1 Digit, Emil: Ingat Prokes dan Aplikasi PeduliLindungi

Jokowi Tandatangani PP 94/2021, PNS Wajib Laporkan Harta Kekayaannya

Pemerintah Akan Terus Berlakukan PPKM Guna Mengendalikan Covid-19

Capaian Total Vaksinasi Jadi Indikator Penurunan Level PPKM

Daftar Level PPKM Jawa-Bali Hingga 20 September, 3 Kabupaten Masih Level 4

Berita Terkait