Juara Umum PON XX, Jabar Siapkan Kadeudeuh

Defile dan bendera kontingen dan atlet PON menandai penutupan Pekan Olahraga Nasional XX/2021 Papua di Stadion Lukan Enembe, Jayapura, Jumat (15/10/2021). (Foto: Pipin Sauri/Biro Adpim Jabar)


KOTA JAYAPURA, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil memastikan atlet Jabar peraih medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan mendapatkan "kadeudeuh" atau bonus. Bonus tersebut akan diberikan secepatnya di Gedung Sate, Kota Bandung.

"Hadiah uang "kadeudeuh" atau reward sudah kami siapkan secepatnya. Nanti akan kita upacarakan di Gedung Sate," kata Ridwan Kamil, dalam jumpa pers di Jayapura, Jumat (15/10/2021). 

Mengenai nominal bonus, Ridwan Kamil menyebut saat ini sedang dihitung oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Namun, ia memastikan jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah per atlet tergantung jenis medali yang diperoleh dan nomor kategori.

"Besarannya sedang dihitung oleh Pak Sekda yang pasti ratusan juta baik emas, perak, perunggu," ucapnya.

"Nanti ada kategorinya yang emas tunggal seperti catur, ada juga yang emas berkelompok itu nanti berbeda ada hitungannya," tambahnya.

Baca Juga: Abdul Hadi : Komisi V DPRD Jabar Akan Perbaiki Regulasi Sekolah Terbuka

Ridwan Kamil juga memastikan nominal bonus akan sedikit berbeda mengingat kondisi keuangan Pemda Provinsi Jabar saat ini terdampak pandemi Covid-19. Kendati demikian, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin memberikan bonus terbaik bagi Kontingen Jabar.

"Tentunya memang tidak bisa maksimal karena Covid-19. Semua terdampak, termasuk Pemda Provinsi Jabar kehilangan pendapatan yang luar biasa, tapi kami akan maksimalkan. Mudah-mudahan menyemangati," tuturnya.

Jabar sendiri dinobatkan sebagai juara umum PON XX Papua 2021 dengan torehan 133 emas, 105 perak dan 118 perunggu. Kang Emil mengaku sangat bahagia karena Jabar berhasil mempertahankan gelar juara di Tanah Papua.

"Yang saya bahagia adalah kita menang tidak di tanah sendiri tapi sekarang di tanah orang yaitu Papua. Beli tomat ke Ujung Pandang, Jawa Barat bukan jago kandang, itu pantunnya," ujarnya.

Kang Emil pun mengucapkan terima kasih kepada Papua sebagai tuan rumah. 

(Yanis)

Baca Juga:

PON XX Papua Berakhir, JABAR Pertahankan Gelar Juara Umum

Pengaduan Satgas Antirentenir Kota Bandung, Hubungi di Nomor Ini

Penguatan Ketahanan Pangan, Wali Kota Bandung Resmikan RAPATAR

Dokumen Hilang, Begini Cetak Sendiri Akta Kelahiran, KK, dan Akta Kematian

Pemerintah Arab Saudi Buka Kembali Umrah untuk Jemaah Indonesia

Pengurus FK KIM Kota Bandung 2021-2024 Dilantik, Ini Pesan Wali Kota

Berita Terkait