Belajar Bisnis dan Manajemen Lebih Menyenangkan Melalui Games Berbasis Virtual Reality



Bandung, Beritainspiratif.com - Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)-ITB melalui Laboratory of Education Games (LEG) menyerahkan board games yang merupakan hasil inovasi dari LEG dalam Rapat Pimpinan (Rapim) ITB yang diadakan oleh SBM-ITB, Selasa (26/10/2021).

Rapat Pimpinan tersebut dihadiri oleh Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, para Wakil Rektor beserta para Dekan dari Fakultas atau Sekolah yang ada di ITB.

Yuanita Handayati, tim ahli di LEG mengungkapkan bahwa, jenis permainan yang dikembangkan oleh LEG adalah kombinasi antara permainan kartu dan pembelajaran terkait bisnis dan manajemen. Tujuan dari permainan tersebut adalah memperkenalkan istilah-istilah bisnis dan manajemen kepada orang-orang dengan cara menyenangkan dan meningkatkan minat masyarakat dalam mempelajari bisnis dan manajemen lebih lanjut.

Baca Juga: The Power of Emak-Emak Kunci Sukses P2WKSS Cijerah Hingga Bangun Balai RW

Yuanita menjelaskan, permainan ini pun bisa digunakan di berbagai kalangan seperti mahasiswa, korporat, masyarakat, dan pelajar.

“Di kartu-kartu business dictionary terdapat terminologi bisnis dan manajemen lengkap dengan definisinya. Selain itu, terdapat juga efek dari kartu yang menggambarkan implementasi dari definisi tersebut sehingga dapat lebih membantu pemain dalam memahami terminologi bisnis dan manajemen,” jelas Yuanita.

Yuanita yang juga dosen dan peneliti SBM-ITB menambahkan, business dictionary dalam board games tersebut juga memiliki pendekatan AR (augmented reality) sehingga terdapat penjelasan beserta gambar yang dapat dilihat dengan hanya melakukan scan pada kartu permainan.

“ LEG SBM ITB telah mengembangkan game dalam bentuk board dan aplikasi, serta memadukan board game dengan aplikasi dalam bentuk AR ( Augmented reality).” ucapnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap 83 Penerima Anugerah KIP Badan Publik Tahun 2021

Sementara itu, Utomo Sarjono Putro, Dekan SBM ITB menambahkan, Kami memiliki beberapa Laboratorium untuk mendukung sistem pembelajaran yang berbasis teknologi dan memberi solusi salah satunya dengan LEG.

"Laboratory of Education Games (LEG) berupaya menanamkan pengetahuan bisnis dan manajemen dengan teknologi mutakhir dalam bentuk game yang digunakan untuk pendidikan bisnis dan rekayasa proses bisnis," ungkapnya.

Melalui sumberdaya yang dimiliki, LEG berupaya menghasilkan dan mengembangkan permainan papan dan kartu, permainan peran, permainan untuk merancang dan menjalankan proses bisnis, dan permainan digital dengan menggunakan web, aplikasi, dan media realitas virtual.

Dengan adanya LEG, ikut memberikan wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk terus berinovasi dalam proses pembelajaran, berkolaborasi dalam penelitian, dan membina pengembangan masyarakat dengan cara yang menyenangkan. Dengan motto “Acitya Kaharsa Wijaya” (pengetahuan, kesenangan, keunggulan), LEG berinovasi dalam proses media pembelajaran.

Saat ini, LEG memiliki beberapa program diantaranya adalah Pengembangan board, card, dan game edukasi digital, integrasi pelatihan bisnis dan manajemen dengan game edukasi, gamifikasi dari proses bisnis, penelitian dan publikasi bersama di bidang gamifikasi, dan berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui pengabdian masyarakat.

Terakhir, Yunita mengatakan bahwa, Hingga saat Ini LEG SBM-ITB telah membuat lebih dari 10 board games yang terbagi dalam bentuk offline dan online learning. Board games dari LEG ini pun sudah digunakan di berbagai community service baik di pendidikan formal maupun di perusahaan, seperti SDN gagas Ceria, SDN Lenkong, PT telkom, Blue Bird group, dan kalla group.

(Ist)

Baca Juga:

PERTAMA, UGM Terapkan Tandatangan Elektronik Pada Ijasah Wisudawan

Tips Cegah Pencurian Data Pribadi dari Aplikasi Pinjol

Faktor Pemicu Gelombang Ketiga Covid-19, Ini Kata Pakar UGM

Tips Membersihkan Kotoran Telinga yang Tepat

Malas Gerak Selama Pandemi Covid-19 Berisiko Osteoporosis

Wacana Pemindahan Ibukota Negara Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial

Berita Terkait