BRI Liga 1 : Persib Satu-Satunya Tim yang Belum Terkalahkan

Febri Hariyadi melakukan sujud syukur usai membobol gawang PSIS di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa 26 Oktober 2021. © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah


Beritainspiratif.com - PERSIB memenuhi ambisinya untuk melanjutkan tren kemenangan sekaligus memberi kekalahan pertama buat PSIS Semarang. Pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa 26 Oktober 2021, PERSIB mengalahkan PSIS 1-0 melalui gol tunggal Febri Hariyadi. Dengan demikian, PERSIB menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga pekan kesembilan.

Dalam pertandingan ini, PSIS langsung menyerang secara agresif ke pertahanan PERSIB. Dua peluang didapat Laskar Mahesa Jenar. Tapi usaha Zalnando dan Teja Paku Alam bisa mengamankan gawang Pangeran Biru. 

Di menit 18, gelandang PERSIB, Mohammed Rashid berdiri bebas saat mendapat umpan dari Marc Klok. Ia langsung melepaskan tembakan keras di depan kotak penalti. Tapi, bola masih melebar tipis di sisi kiri gawang. 

Di menit 30, Febri Hariyadi mendapat peluang untuk mencetak gol. Tapi, bola terlalu deras dan bisa dihalau oleh Joko Ribowo dengan kepalanya. Bola liar disambar oleh Esteban Vizcarra tapi arahnya masih jauh dari sasaran. 

Lima menit berselang, serangan bergelombang dilancarkan PERSIB. Kesempatan pertama didapat Ezra Walian. Tapi bola bisa diblok, begitu juga tembakan dari Rashid beberapa saat kemudian. 

Menit 40, Febri melepaskan tembakan kaki kiri yang melesat langsung ke gawang. Sayang sekali, tembakan itu bisa ditepis Joko Ribowo ke atas mistar. Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol tercipta baik dari PERSIB maupun PSIS. 

Baca Juga: Daftar Lengkap 83 Penerima Anugerah KIP Badan Publik Tahun 2021

Di babak kedua, PSIS melakukan pergantian dengan memasukkan Bruno Silva menggantikan Riyan Ardiansyah. Nampaknya Laskar Mahesa Jenar ingin lebih agresif dalam menyerang.  Selain Bruno, PSIS juga memasukkan Fandi Eko Utomo menggantikan Brian Ferreira. Masuknya Fandi semakin memberi ancaman bagi pertahanan Pangeran Biru. Tapi, Teja Paku Alam bisa mengantisipasinya.

PERSIB akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit 60. Febri menyambar bola liar di depan kotak penalti dengan sebuah sepakan keras kaki kiri. Bola tak bisa lagi dibendung Joko dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Pangeran Biru. 

Pergantian pertama di kubu PERSIB terjadi di menit 68. Geoffrey Castillion masuk menggantikan Ezra Walian. Ini menjadi penampilan kelima striker asal Belanda itu untuk Pangeran Biru di Liga 1 musim 2021/2022. 

Castillion harus ditandu ke luar lapangan di menit 78 setelah berbenturan dengan pemain bertahan PSIS. Untungnya, tak ada cedera serius dialami Castillion dan ia kembali masuk ke lapangan. 

Di menit 86, Esteban bermanuver di dalam kotak penalti dan bisa melepaskan tembakan. Joko bisa menepis bola, begitu juga usaha dari Wander Luiz dan Rashid. Lima menit berselang, Wander Luiz digantikan oleh Dedi Kusnandar.

PSIS mendapat peluang di menit-menit terakhir dari sepak pojok. Sementara itu, Frets Butuan masuk menggantikan Esteban Vizcarra. Sepak pojok PSIS bisa dikonversi menjadi serangan balik tapi sundulan Febri menyambut umpan Frets gagal menambah keunggulan. Skor 1-0 pun bertahan.

PERSIB XI: Teja Paku Alam (PG); Zalnando, Henhen Herdiana, Victor Igbonefo (C), Nick Kuipers, Marc Klok, Mohammed Rashid, Ezra Walian  (68'), Febri Hariyadi  (90+4'), Wander Luiz  (91'), Esteban Vizzcara.

Cadangan: Muhammad Natshir, Erwin Ramdani , Geoffrey Castillion (68'), Frets Butuan (90+4'), Ardi Idrus, Mario Jardel, Achamd Jufriyanto, Dedi Kusnandar (91'), Syafril Lestaluhu, Abdul Aziz. [Sumber: Persib.co.id]

(Ist)

Baca Juga:

PERTAMA, UGM Terapkan Tandatangan Elektronik Pada Ijasah Wisudawan

Tips Cegah Pencurian Data Pribadi dari Aplikasi Pinjol

Faktor Pemicu Gelombang Ketiga Covid-19, Ini Kata Pakar UGM

Tips Membersihkan Kotoran Telinga yang Tepat

Malas Gerak Selama Pandemi Covid-19 Berisiko Osteoporosis

Wacana Pemindahan Ibukota Negara Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta