Komisi III DPRD Jabar Harapkan Dana Revitalisasi Situ Ciburuy Segera Cair

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Sugyanto Nangolah saat meninjau Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat, Kamis, (11/11/21) / Foto: Humas DPRD Jabar


Kab. Bandung Barat, Beritainspiratif.com - Komisi III DPRD provinsi Jawa Barat menyesalkan belum turunnya bantuan keuangan dari pemprov Jabar untuk pembangunan Revitalisasi Situ Ciburuy, padahal pembangunan sudah memasuki tahap pemasangan pondasi.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Sugyanto Nangolah mengatakan, pengelola Situ Ciburuy, mengeluhkan lambatnya bantuan dana yang seharusnya sudah turun dari Pemerintah Provinsi sehingga menghambat revitalisasi situ.

"Pembangunan Situ Ciburuy sedang berjalan dan sudah masuk tahap pondasi pinggiran situ, akan tetapi setelah kita dengar dari pihak pengelola bantuan belum juga turun, " katanya usai meninjau Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat, Kamis, (11/11/21).

Menurut Sugyanto, dana yang dikelola oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jabar, seharusnya sudah dalam tahap pencairan kedua.

Baca Juga: Pisah Sambut: Selamat Datang Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana

Sugyanto menyatakan pihaknya mendorong pemprov Jabar untuk segera mencairkan bantuan tersebut.

"Setelah kami tanyakan ternyata dana itu berasal dari dana funds dan setahu kami dan funds itu seharusnya sekarang sudah pencairan tahap kedua bukan tahap pertama lagi. Disini tahap pertama juga belum menerima maka dari itu kami harapkan dari biro keuangan daerah atau BPKAD segera mencairkan dana tersebut, agar pengelolaan situ ciburuy bisa berjalan dengan baik," ucapnya.

Sugyanto menyebut, pembangunan pada musim hujan saat ini harus diawasi dengan benar, karena struktur tanah yang basah dapat berakibat tanah ambles.

"Pembangunan yang sedang berjalan dimusim hujan seperti ini harus diawasi dengan ketat, jangan sampai amblas lagi. Kami juga melihat tadi pondasinya seperti kurang bagus atau tidak pakai besi dan itu langsung dicor begitu saja," ujarnya.

"Apakah cara seperti itu tidak akan menimbulkan erosi atau tidak akan menimbulkan longsor dan yang menjadi pertanyaan kami apakah ini sudah diawasi oleh bagian pembangunan yang berwenang atau tidak. Jangan sampai bangunan sudah selesai dibangun, tidak lama kemudian amblas lagi," tandasnya.

Sugyanto menekankan, Situ Ciburuy merupakan destinasi wisata yang potensial dan posisinya strategis, karena itu pembangunannya harus cepat dan baik.

"Maka dari itu pembangunan situ Ciburuy ini harus cepat selesai jangan sampai tertunda," ucapnya.

Klik Video: SITU CIBURUY

Sugyanto meminta pemerintah Provinsi melalui BPKAD agar segera menurunkan dana bantuan untuk pembangunan Situ Ciburuy, karena menurut pengelola dana yang saat ini digunakan merupakan hasil dari pinjaman kepada pihak lain untuk menutupi kebutuhan.

"Bagi BPKAD yang sedang menangani pembayaran terkait pembangunan situ Ciburuy, kami harap segera dibayarkan jangan sampai ditunda karena kami dengar cerita dari pihak pengelola pembangunan situ ciburuy untuk biaya pembangunan sekarang mereka sampai pinjam uang dulu kepada pihak ketiga. Kalau dari BPKAD memang sudah ada anggaranya, kami harap segera dibayarkan," tutupnya.

(Adi)

Baca Juga:

Dosen SBM ITB Luncurkan Buku Manajemen Risiko untuk Startup

Inilah Daftar Pemenang Festival Film Indonesia 2021

Presiden Anugerahi Bintang Jasa 300 Nakes yang Meninggal Tangani Covid-19

Pemkot Bandung Sebar 500 Wifi Gratis untuk Balai RW, Masjid dan Taman

Penjelasan DLH Jabar Terkait Operasional TPK Sarimukti

Berbasis Web, Kota Bandung Miliki Peta Batas Wilayah Hingga Tingkat RT

Berita Terkait