Gamelan Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Perangkat Gamelan Jawa / Foto: Wikipedia Indonesia


Jakarta, Beritainspiratif.com - Kabar baik bagi Bangsa Indonesia, Gamelan secara  resmi telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) UNESCO.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di akun Instagramnya seperti dilihat Beritainspiratif.com, Rabu (15/12/2021). Jokowi mengatakan gamelan telah menjadi inspirasi bagi musik dunia.

“Kabar baik hari ini datang dari kantor pusat UNESCO di Paris. Badan PBB yang mengurusi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) UNESCO,” tulis Jokowi.

Baca Juga: Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai, Presiden Harap Anak Terlindungi COVID-19

”Saya menyambut dengan hangat dan bangga atas penetapan ini. Gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia, terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi. Gamelan juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia,” lanjutnya.

Indonesia akan terus melestarikan gamelan melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan non formal, melalui festival, pawai, pertunjukan, dan pertukaran budaya.

Baca Juga: KNH 2021: Humas Indonesia Bantu Indonesia Tumbuh

”Gamelan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke-12 yang telah tercantum dalam daftar WBTB UNESCO setelah wayang, keris, batik, pendidikan dan pelatihan batik, angklung, tari saman, noken, tiga genre tari tradisional di Bali, seni pembuatan kapal pinisi, tradisi pencak silat, dan pantun,” seperti ditulis di bagian diakhir instagram Jokowi.

Dilansir wikipedia Indonesia, Gamelan adalah musik ansambel tradisional Jawa, Sunda, Bali dan Lombok di Indonesia yang memiliki tangga nada pentatonis dalam sistem tangga nada (laras) slendro dan pelog.

(Yanis)

Baca Juga:

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 3 Januari, Inilah Daerah Berstatus Level 1-3

Hari Pertama Plt Wali Kota Bandung, Yana Ajak OPD Wujudkan Mimpi Almarhum

Kuasa Ilahi, Satu-Satunya Rumah yang Tak Tersentuh Erupsi Gunung Semeru

Politik Silaturahim, Oded: Kekuasaan Itu Alat Untuk Kemaslahatan Umat

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Inmendagri Natal dan Tahun Baru Terbit, Begini Aturan PPKM Level 3

Berita Terkait