Kota Bandung Raih Predikat Kepatuhan Tinggi Pelayanan Publik dari Ombudsman



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berhasil meraih predikat kepatuhan tinggi (zona hijau) standar pelayanan publik tahun 2021 dari Ombudsman RI. Berdasarkan hasil survei predikat kepatuhan pelayanan publik terhadap 98 pemerintah kota, Kota Bandung berhasil meraih nilai 81,04.

"Terima kasih atas penghargaan ini. Ini menunjukkan pelayanan yang Pemkot Bandung berikan sudah baik. Mudah-mudahan kita sudah di jalur yang benar melakukan berbagai ikhtiar upaya kita dalam melayani masyarakat jauh lebih baik," ungkap Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga: Napak Tilas 100 Tahun Tjibadak 1921, Tradisi Seke Konservasi

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI, Mokhamad Najih mengungkapkan, pada 2021 pihaknya melakukan penilaian terhadap 587 instansi dengan rincian 24 kementerian, 15 lembaga, 34 pemerintah provinsi dan 316 pemerintah kabupaten dan 98 pemerintah kota.

Nilai kepatuhan dikategorikan kedalam tiga zonasi, yaitu zonasi hijau dengan predikat kepatuhan tinggi, zonasi kuning dengan predikat kepatuhan sedang, dan zonasi merah dengan predikat kepatuhan rendah.

"Produk layanan yang dinilai pada pemerintah daerah meliputi 4 substansi yaitu perizinan, kesehatan, administrasi kependudukan dan pendidikan," terangnya.

Baca Juga: Gubernur Jabar Dukung Upah Pekerja Naik Hingga 5 Persen

Lebih lanjut Najih mengatakan, penilaian kepatuhan pelayanan publik merupakan satu-satunya mandat prioritas nasional dalam RPJMN Tahun 2020-2024. Hal ini bertujuan untuk perbaikan dan penyempurnaan kebijakan pelayanan publik dalam rangka mencegah mal administrasi.

"Maka harus kita pandang bahwa penilaian ini sebagai instrumen strategis di dalam penilaian capaian kinerja pelayanan publik dalam pembangunan nasional," tuturnya.

"Penilaian dilakukan atas standar layanan publik dengan media elektronik dan nonelektronik, hal ini dilakukan dalam rangka mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," imbuhnya.

(RV)

Baca Juga:

Kemenkes Temukan Kasus Transmisi Lokal Omicron Terdeteksi di Jakarta

Bus Trans Metro Pasundan Beroperasi di Bandung Raya, Ini 5 Koridor yang Dilayani

Tanggulangi Sampah, Pemkot Bandung Wacanakan Gunakan Insenerator di TPS

Inspiratif, Prasmanan Gratis di Antapani Kota Bandung #SemuaBolehMakan

Menuju BBM Ramah Lingkungan, Premium dan Pertalite Akan Dihapus?

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Pengamanan NATARU, Polri Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Indonesia

 

Berita Terkait