Tampil Spartan Skuad Lapis Dua Persib Menang 1-0, Robert Puji 3 Pemain Ini



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - PERSIB mencatat kemenangan 1-0 atas Persikabo 1973 pada pertandingan pekan ke-21 Liga 1 2021/2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu 29 Januari 2022. Gol tunggal kemenangan PERSIB dicetak pemain asal Cianjur  Kakang Rudianto di menit 22.

Semangat juang spartan yang penuh dengan disiplin, kepatuhan, dan keberanian bisa kita saksikan pada pemain muda Persib, meski mereka hanya pemain lapis dua.

Dalam pertandingan ini, PERSIB tampil tanpa diperkuat sembilan pemain yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pergantian terjadi pada daftar susunan pemain. Salah satunya memainkan Kakang Rudianto sejak menit pertama. 

Kakang memecah kebuntuan di menit 22. Ia dengan menyambar bola liar di dalam kotak penalti setelah sepakan Frets Butuan gagal diamankan kiper Persikabo, Dicky Indrayana. 

Sepuluh menit berselang, PERSIB melakukan serangan lewat Abdul Aziz yang mampu melewati sejumlah pemain. Ia lantas mengirimkan umpan ke mulut gawang, tapi gagal disambar Esteban Vizcarra. 

Menit 34, Teja menunjukkan ketangguhannya dengan menggagalkan upaya Ciro Alves. Dua menit berselang, Teja kembali jatuh bangun menghalau sepakan keras Firza Andika. 

Di akhir-akhir babak pertama, Persikabo 1973 sempat mencetak gol lewat Rony Sugeng. Tapi pemain sudah lebih dulu dalam posisi offside. Babak pertama berakhir, PERSIB masih unggul 1-0.

Di babak kedua, PERSIB menunjukkan pertahanan yang kokoh. Selain Kakang yang tampil tenang, Achmad Jufriyanto pun menunjukkan permainan yang lugas. 

Baca Juga: Gelar RAT 2021, Kopdit Tunas Harapan Kukuhkan Pengurus Baru 2022-2026

Baca Juga: Presiden Jokowi Prediksikan Kasus Omicron Terus Meningkat

Di menit 55, Abdul Aziz mendapat cedera yang mengharuskannya ditandu keluar lapangan. Di sisi lapangan ia sempat mendapat perawatan sebelum digantikan Mario Jardel di menit 57. 

Di menit 64, Erwin juga mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Ia ditarik keluar untuk digantikan Zalnando. 

Tiga menit berselang, Rashid mendapat ruang untuk melepaskan tembakan tapi bisa ditepis oleh Dicky.  

Di menit 77, Rashid menunjukkan dirinya tak hanya lihai saat membantu penyerangan tapi juga sigap ketika membantu pertahanan. Sebuah blocking sempurna bisa menggagalkan upaya Hendra Bayauw. Sebelumnya block juga dilakukan Achmad Jufriyanto. 

PERSIB masih memberikan ancaman di menit-menit akhir pertandingan. Peluang didapat oleh Beckham yang memimpin serangan balik Pangeran Biru tapi gangguan dari Firza membuatnya tak maksimal dalam melepaskan tendangan. Pertandingan berakhir masih dengan keunggulan PERSIB 1-0. 

Pelatih PERSIB, Robert Alberts mengapresiasi kerja keras anak asuhnya untuk mengamankan kemenangan 1-0 atas Persikabo 1973.

"Kami pantas memenangkan pertandingan ini karena bisa memanfaatkan peluang untuk menjadi gol. Selamat buat Kakang dan juga pemain lainnya," kata Robert kepada media setelah pertandingan. 

Selain Kakang dan Frets, apresiasi juga layak disampaikan kepada kiper PERSIB Teja Paku Alam. Menurut Robert, Persikabo 1973 beberapa kali mendapat peluang di babak kedua. Tapi Teja Paku Alam tampil cemerlang di bawah mistar gawang.

"Di babak kedua Persikabo berusaha untuk bangkit dan membuat beberapa peluang. Saya ucapkan selamat juga kepada Teja karena berhasil menjaga gawang agar tidak kebobolan," ungkap pelatih asal Belanda itu.

Kiper Persib Teja Paku Alam sepanjang 90 menit plus tambahan waktu, bermain gemilang.

Ia melakukan sejumlah penyelamatan krusial agar Persib Bandung bisa meraih poin penuh.

Pembawa acara di Indosiar, Valentino Simanjuntak menyebut Teja melakukan 12 saves atau penyelematan.

Yang paling banyak, ia menggagalkan peluang Ciro Alves.

Lebih dari lima peluang didapat Ciro Alves semuanya bisa digagalkan oleh Teja Paku Alam.

Di akhir laga terlihat Ciro Alves menangis karena gagal membawa timnya meraih angka.

Sementara itu, Kapten PERSIB, Achmad Jufriyanto mengungkap kunci kemenangan Pangeran Biru atas Persikabo 1973.

"Kami semua sebagai pemain pasti senang dengan raihan tiga poin ini. Kami bisa menjaga jarak dengan pimpinan klasemen dan tetap berada di jalur juara," kata Jupe, sapaan akrab Achmad Jufriyanto setelah pertandingan. 

Pada pertandingan ini, PERSIB tampil tanpa sembilan pemain yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, kata Jupe, PERSIB masih memiliki para pemain yang memiliki kualitas teknik dan mentalitas bertanding yang tak jauh berbeda.

"Pemain layak menikmati kemenangan ini karena main dengan determinasi tinggi dan sepenuh hati. Mereka lakukan apa yang harus dilakukan dan menunjukkan kualitasnya. Saya rasa, PERSIB memiliki kualitas pemain merata dengan semangat yang luar biasa dan pemain telah menunjukkan hal itu," terangnya.

Starting XI: Teja Paku Alam (GK), Achmad Jufriyanto (C), Henhen Herdiana, Kakang Rudianto, Ardi Idrus, Mohammed Rashid, Abdul Aziz (57'), Erwin Ramdani (64'), Esteban Vizcarra, Beckham Putra Nugraha (92'), Frets Butuan.

Cadangan: Aqil Savik (GK), Mario Jardel (57'), Zalnando (64'), M. Syafril Lestaluhu (92'), Ferdiansyah, Dimas Juliono Pamungkas, Puja Abdillah, I Made Wirawan, Muhammad Natshir (GK). ***

Sumber:Persib.co.id

(Yanis)

Baca Juga:

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta

Isolasi Mandiri Bagi Pasien Omicron, Begini Aturan Kemenkes

Begini Kriteria Penerima Vaksinasi Dosis 3 atau Booster
Paket Obat Gratis bagi Pasien Isoman Terkonfirmasi Omicron dari Kemenkes

Kemenkes Terbitkan Sertifikat Vaksin Internasional Standar WHO, Begini Caranya!

Untuk Pemula, Inilah Tips dan Cara Jual NFT di NFT atau Market Lain

Kenali Ciri dan Cara Pencegahan Penularan Omicron

Berita Terkait