Cara Penukaran Uang Baru untuk Lebaran Lewat Aplikasi PINTAR BI

Foto: Istimewa


BERITAINSPIRATIF.COM - Bank Indonesia (BI) menyediakan uang tunai sebesar Rp175,26 triliun atau naik 13,42% dari tahun sebelumnya, Guna memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1443 H.

Langkah BI tersebut juga dilakukan seiring momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali.

Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan non tunai.

Selain menyiapkan uang tunai, BI juga terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pembayaran non tunai, demikian disampaikan Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman dalam acara Serambi Rupiah Ramadhan Tahun 2022 yang diselenggarakan secara daring dan luring di Bank Indonesia yang dilansir dalam keterangan resminya Senin (4/4/2022).

Baca Juga: BI Buka Layanan Penukaran Uang Rusak Lewat Aplikasi Pintar

Bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang tunai jelang Idulfitri, BI telah mempersiapkan 2 (dua) bentuk layanan, yaitu:

  1. Penukaran uang di Perbankan, mulai 4-29 April 2022. BI bersinergi dengan perbankan nasional menyiapkan 5.013 titik penukaran di bank di seluruh Indonesia, bertambah 8% dari tahun lalu. 
  2. Penukaran uang di Mobil Kas Keliling BI, mulai tanggal 4 April 2022.  Penukaran uang melalui kas keliling BI kembali hadir setelah vakum dua tahun akibat pandemi. Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR.  
Baca Juga: Pemerintah Akan Cairkan Bantuan Subsidi Gaji/Upah Rp1 Juta/Orang

Berikut Cara tukar uang baru lewat aplikasi PINTAR

1. Buka laman PINTAR dari BI - Klik: https://pintar.bi.go.id/

2. Di halaman utamanya, pilih menu Kas Keliling.

3. Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru.

4. Selanjutnya, tentukan tanggal penukaran uang baru di lokasi yang sudah dipilih tadi.

5. Lakukan pengisian data pemesanan yang terdiri atas NIK, nama, nomor telepon, dan email.

6. Isi jumlah lembar atau keping uang lama yang hendak ditukarkan, yakni:

  • BI menyediakan uang pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000.
  • Masyarakat bisa menukar Rupiah dengan ketentuan 100 lembar untuk tiap pecahan uang.
  • Misalnya Rp 100.000 untuk mendapatkan 100 lembar pecahan Rp 1.000, Rp 200.000 untuk mendapatkan 100 pembar pecahan Rp 2.000, dan seterusnya. 
  • Jika Anda ingin menukar masing-masing 100 lembar pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000, maka total Rupiah yang harus Anda siapkan senilai Rp 3.800.000. 
7. Lakukan pemesanan agar memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang baru

8. Centang tanda konfirmasi

Baca Juga: Mudik Naik Pesawat Disyaratkan Isi e-HAC di PeduliLindungi, Begini Caranya

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Supaya tak menemui masalah saat menukarkan uang setelah melakukan pemesanan di aplikasi PINTAR, pastikan sudah memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Hitung dengan pasti nominal uang rupiah yang hendak ditukarkan.
  • Pilih dan kemas uang rupiah lama dengan memperhatikan jenis pecahan, tahun emisi, penyusunan yang searah, dan tak menggunakan perekat ataupun sejenisnya.
  • Siapkan bukti pemesanan di aplikasi PINTAR, bisa dalam bentuk digital maupun cetak.
  • Tak kalah pentingnya, tetap patuh protokol kesehatan yang berlaku.
(YI)

Baca Juga:  

Berita Terkait