Persib Rekrut Pemain Asia Asal Filipina Daisuke Sato Gantikan Slot M Rashid

Foto: Persib.co.id


BERITAINSPIRATIF.COM - Persib Bandung mengumumkan secara resmi satu pemain asing Asia berkebangsaan Filipina Daisuke Sato sebelum kick-off turnamen pra musim Piala Presiden 2022. Ia akan jadi suksesor Mohammed Rashid yang musim lalu cukup gemilang berkostum Persib. 

Daisuke diketahui pemain keturunan Jepang yang lahir di Kota Davao Pulau Mindanao, Filipina 27 tahun lalu. Pemain berposisi bek kiri yang telah berkarir di kasta tertinggi Liga Thailand sejak 2018. 

Ia berganti-ganti klub selama berada di Liga Thailand. Tahun pertamanya di negeri gajah putih, dirinya membela Muangthong United (2019-2020). Pada musim lalu 2021/2022 membela dua klub berbeda, setengah musim bersama Suphanburi FC, sisanya gabung Ratchaburi FC. Ia mencatatkan 14 kali bermain di masing-masing klub itu. 

Baca Juga: Polri akan Beri Pengawalan Hingga Pemakaman Jenazah Eril

Seperti yang dikabarkan pelatih Persib Robert Alberts, Daisuke Sato merupakan bagian dari anggota Tim Nasional Filipina yang tengah berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Direktur Persib Teddy Tjahjono mengatakan, Robert memutuskan merekrutnya karena kebutuhan tim.

“Semua atas rekomendasi Robert dengan melihat kebutuhan tim,” kata Teddy. 

Kontrak pemain satu ini berdurasi satu tahun dengan opsi perpanjangan. Teddy tidak punya jawaban atas alasan sang pelatih akhirnya merekrut pemain asing berposisi wing back. Padahal sebelumnya Persib sempat menyeleksi gelandang asing asal Jepang Ryohei Miyazaki.  

“Untuk alasan teknis, silakan bertanya ke tim pelatih. Ia akan gabung bersama tim setelah selesai main timnas,” kabar Teddy. 

Dengan direkrutnya Daisuke, artinya Maung Bandung sudah melengkapi jatah kuota pemain asing. Sebelumnya Persib telah memiliki bek asal Belanda Nick Kuipers dan duo penyerang Brasil David da Silva serta Ciro Alves.

Baca Juga: Pisah Sambut Camat Kota Bandung, Yana: Camat Harus Bantu Tingkatkan PAD

Bergabungnya Sato merupakan pilihan pelatih Robert Alberts untuk menambah kekuatan di lini pertahanan PERSIB. Pemain yang sebelumnya tampil di Liga Thailand tersebut sepakat untuk kerja sama selama satu tahun.

Pemain kelahiran 20 September 1994 tersebut bisa menjadi tambahan tenaga di Liga 1 2022/2023 mendatang. Sang pemain sudah masuk daftar pemain yang akan dimainkan.

Lahir di Davao City, Filipina, Sato merupakan jebolan tim muda J-League, Urawa Red Diamonds, pada periode 2007-2012. Ia merupakan pemain timnas sejak 2014 sampai sekarang. Data yang terhimpun, saat ini dia pun sudah tampil 40 laga selama 3.377 menit.

Pemain kidal tersebut saat ini pun tengah membela negaranya di Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait. Pada laga teranyar, Filipina bermain imbang 0-0 dengan Yaman, Daisuke pun tampil 90 menit dalam laga tersebut.***

(YI)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait