Emil: Jenazah Eril Masih Utuh Meski Tenggelam Selama 14 Hari

Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) / Instagram @Ataliapr


BERITAINSPIRATIF.COM - Jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (23)  yang hilang di Sungai Aare, Swiss (26/5/2022) akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pada pukul 6.50 waktu setempat.

Melalui situs resmi Kepolisian Bern, Swiss, diungkapkan lokasi penemuan jenazah anak sulung Ridwan Kamil Emmeril Khan Mumtadz atau Eril di pintu air Engehalde, Bern, Swiss.

"Pada Rabu (8/6/2022) pagi, satu jenazah berhasil dievakuasi di pintu air Engehalde, di Bern," ungkap situs Kepolisian.

Dalam unggahan akun pribadi instagram @ridwankamil, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan kondisi jenazah Eril masih utuh meski sudah dua pekan dinyatakan hilang.

Baca Juga: Emil Akan Fasilitasi Guru SD yang Temukan Jenazah Eril Berlibur ke Indonesia

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mengungkapkan alasan ilmiah jenazah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan dalam keadaan utuh, meskipun lebih dari dua pekan dinyatakan hilang dan tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Emil menuturkan, berdasarkan penjelasan secara ilmiah, jenazah Eril masih utuh karena pengaruh suhu air Sungai Aare yang dingin.

"Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya setengah membeku, sehingga tetap utuh, lengkap, walaupun berada di dasar sungai selama 14 hari," tulis Emil di akun Instagram @ridwankamil, Jumat (10/6).

Dalam unggahan sebelumnya, Emil mengatakan jenazah Eril ditemukan dalam keadaan utuh. Ia juga menyebutkan jenazah Eril mengeluarkan wangi daun eucalyptus.

"Masya Allah, walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun. Wajah rapi menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Alhamdulillah Ya Allah," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Harap IKA Unpad Jalin Kerja Sama Bangun Kota Bandung

Ia mengucapkan rasa syukur karena diberikan kesempatan lagi untuk memeluk dan memandikan Eril terakhir kalinya sesuai syariat Islam. Emil mengatakan juga melantunkan azan di telinga Eril persis saat Eril lahir ke dunia.

"Alhamdulillah Ya Allah, akhirnya Engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai, dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam," tutur Emil.

Menurut rencana, setelah diproses hingga dibersihkan sesuai syariat Islam, jenazah Eril akan diterbangkan ke Indonesia dan tiba pada Minggu (12/6).

Eril akan dimakamkan di tempat pemakaman keluarga di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Senin (13/6).

(Ida)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait