Pacu Ekonomi, Pemkot Bandung Launching Kampung Wisata Kreatif Cigondewah

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meresmikan Kampung Wisata Kreatif Cigondewah, Rabu (22/6/2022) / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Kota kembali menambah kampung kreatif. Setelah Kampung Wisata Kreatif Braga, Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Kampung Wisata Kreatif Binong Jati, dan Kampung Wisata Kreatif Cinambo, kali ini, hadir Kampung Wisata Kreatif Cigondewah.

"Hari ini kita melaksanakan reaktivasi dan launching kampung wisata kreatif Cigondewah. Mudah mudahan reaktivasi ini kita bisa melakukan pemulihan ekonomi di daerah ini," kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meresmikan Kampung Wisata Kreatif Cigondewah, Rabu (22/6/2022).

Menurut Yana, kampung wisata kreatif Cigondewah merupakan sarana pemberdayaan dan kemandirian masyarakat dalam mengembangkan sumber daya manusia dalam menciptakan kepariwisataan yang berdaya saing.

"Tentunya hal ini akan berdampak kepada perkonomian sekitar," kata Yana.

Baca Juga: Profil Brigjen Juansih, Polwan Bergelar Doktor yang Promosi Bintang Dua

Baca Juga: Pakar UGM: Hati-Hati Memilih Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK, Ini Tips nya

Yana mengungkapkan, Pemkot Bandung akan mengkaji kemungkinan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung terkait potensi paket wisata di daerah Cigondewah.

"Harus ada inovasi dan kreatif, Pemkot Bandung hadir menjadikan kawasan ini menjadi paket wisata, kita sudah menjajaki kerja sama dengan KBB (Kabupaten Bandung Barat). Mudah mudahan nanti kita bisa bekerja sama dengan Kabupaten Bandung untuk pariwisata," katanya.

Yana berharap, dengan reaktivasi Kampung wisata kreatif akan meningkatkan geliat ekonomi, pariwisata dan budaya di kota Bandung.

"Bersama sama melakukan proses pemulihan ekonomi, budaya dan berbagai acara lainnya. Mudah-mudahan pasca pandemi, kita bisa memulihkan ekonomi di daerah ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Bandung, Dewi Kenny Kaniasari mengatakan, reaktivasi Kampung Wisata Kreatif Cigondewah merupakan implementasi amanat RPJMD.

Reaktivasi ini merupakan bagian dari pengembangan 8 kampung wisata di kota Bandung. Saat ini, kata Kenny, Kota Bandung telah memiliki 5 kampung wisata kreatif.

"Masing-masing memiliki tema, Braga sejarah dan cagar budaya, Cigadung wisata kreatif, Binong Jati tema kampung rajut, Cinambo kampung wisata literasi, dan sekarang di cigondewah pusat belanja," katanya.

Kampung wisata kreatif Cigondewah memiliki tagline Pusatnya Belanja Kain di Kota Bandung. Terdapat sekitar 150 pengrajin dan pengusaha kain serta produk fesyen lainnya.

Salah satu tokoh masyarakat cigondewah, H. Dede menyambut antusias reaktivasi kampung wisata kreatif Cigondewah.

"Alhamdulillah dicanangkan akan dijadikan kampung kreatif belanja kain. Ini bisa menunjang mata pencaharian dan timbul harapan kami bisa semakin maju," katanya. **

(RV)

Baca Juga: 

Berita Terkait