Penyebab Persib Kalah 5 - 1 atas PSM Makassar, Diungkap Budiman

Ricky Kambuaya dikawal ketat pemain PSM (c) PERSIB.CO.ID/Barly Isham


BERITAINSPIRATIF.COM - PERSIB harus mengakui keunggulan PSM Makassar 5-1 dalam lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2022-23 di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Senin 29 Agustus 2022. Ini menjadi kekalahan keempat yang ditelan Pangeran Biru musim ini.

PERSIB mencetak satu golnya melalui sepakan Marc Klok di menit 32. Sementara, lima gol PSM lahir dari Yakob Sayuri (3' & 51'), M. Ramadhan Sananta (19' & 45+1'), dan satu gol Willem Jan Pluim (65').

Melakoni laga tandang ini, PERSIB tanpa diperkuat bek tengah Nick Kuipers yang terpaksa absen karena kesehatannya terganggu. Posisi Kuipers digantikan oleh Rachmat Irianto, sedangkan bek kanan diisi oleh Bayu M. Fiqri.

Baca Juga: 7 Bangunan di Kota Bandung Terima Anugerah Cagar Budaya

Pertandingan baru berjalan tiga menit, PERSIB sudah kemasukkan. Sepakan dari luar kotak penalti Yakob Sayuri bersarang di gawang Pangeran Biru yang dikawal oleh I Made Wirawan. 

Di menit 19, PERSIB kembali kemasukkan. Penyerang PSM, M. Ramadhan Sananta mampu menyontek bola kiriman umpan Yakob dari sisi kiri. Pangeran Biru pun tertinggal 0-2.

Tertinggal dua gol tak lantas membuat PERSIB menyerah. Pangeran Biru mulai mengancam di menit 26, tapi tembakan penyerang David Da Silva mengenai rekannya, Ricky Kambuaya. 

PERSIB baru bisa mengecilkan keadaan menjadi 1-2 lewat tendangan fantastis dari gelandang Pangeran Biru, Marc Klok di menit 32. Ini menjadi gol pertama Marc untuk PERSIB musim ini di Liga 1. 

Semenit jelang babak pertama berakhir, Ramadhan mencetak gol keduanya di laga ini memanfaatkan umpan lob dari geladang PSM, Willem Jan Pluim. Tak lama, wasit pun meniupkan peluit tanda babak pertama berakhir. 

Jelang babak kedua dimulai, PERSIB melakukan pergantian pertamanya di laga ini. Penyerang Pangeran Biru, Frets Butuan dimasukkan untuk menggantikan gelandang Dedi Kusnandar. Di menit 51, Yakob mencetak gol keduanya dari tendangan di luar kotak penalti. 

Menit 64, kesalahan terjadi di lini belakang membuat PSM mendapat tendangan bebas. Sementara, kiper PERSIB I Made Wirawan dikartu kuning karena dianggap melakukan handsball. Semenit berselang, PSM menambah keunggulan lewat sundulan Pluim memanfaatkan tendangan bebas Rasyid Bakrie.

Baca Juga: Pendaftaran Pahlawan Digital UMKM 2022 Dibuka, Inilah Syarat dan Cara Daftarnya

Sepuluh menit kemudian, PERSIB mengganti Febri Hariyadi oleh Erwin Ramdani. Sebelumnya, Erwin mencetak satu gol untuk Pangeran Biru saat menjalani pertandingan melawan Bali United, Selasa 23 Agustus 2022.

Pergantian kembali dilakukan setelahnya. Pada menit 71, Ricky Kambuaya digantikan oleh Abdul Aziz disusul enam menit kemudian, Henhen Herdiana dan Beckham Putra Nugraha dimasukkan untuk menggantikan Bayu M. Fiqri dan Ciro Alves. 

Di menit-menit akhir pertandingan, PERSIB terus berusaha untuk mencetak gol. Peluang didapatkan oleh David Da Silva, tapi sepakannya masih melebar. Di sisi lain, PSM juga mengancam, tapi Made kali ini mampu mengantisipasi bola tepat sasaran. Tambahan empat menit, skor masih 5-1 untuk keunggulan PSM.

Baca Juga:

-Korlantas Polri Usulkan, Hapus Biaya Balik Nama & Pajak Progresif Kendaraan

Penyebab Persib Kalah

Hasil pahit harus dirasakan PERSIB saat bertandang ke markas PSM Makassar dengan kekalahan 5 - 1. Asisten pelatih PERSIB, Budiman mengungkapkan tak menyangka timnya bisa kalah telak.

“Hasil pertandingan malam ini saya tidak menyangka kebobolan lima gol,” kata Budiman saat temu media setelah laga yang berkesudahan 5-1 untuk keunggulan PSM itu.

Pelatih berlisensi A AFC tersebut menilai mental anak asuhnya anjlok usai gol cepat Yakob Sayuri saat pertandingan berjalan dua menit. Ditambah gol kedua PSM pada menit 19 yang diciptakan Ramadhan Sananta.

“Intinya dengan gol cepat PSM itu yang menjadi down pemain kami. Jadi setelah gol menit kedua, anak-anak agak sulit mengembangkan permainan, dan terus ada gol kedua. Pemain makin down,” jelasnya.

PERSIB bisa memperkecil selisih berkat gol Marc Klok pada menit ke-32. Namun tuan rumah masih bisa menambah golnya hingga skor menjadi 5-1. Budiman pun menegaskan, hasil itu di luar perkiraan tim pelatih.

“Ini di luar perkiraan saya, ini evaluasi buat saya, hari ini anak-anak dengan gol cepat agak down,” ucapnya.*** [Persib.co.id]

(Yanis)

Baca Juga: 

Berita Terkait