Klinik Pratama Advent Kota Bandung, Rumah Sakit yang Jadi Cagar Budaya

Klinik Pratama Advent Kota Bandung kini jadi Cagar Budaya / (Foto: Humas Kota Bandung)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Kota Bandung tahun ini menetapkan tujuh bangunan menjadi cagar budaya, salah satunya adalah Klinik Pratama Advent yang berlokasi di Jalan Tamansari No. 40, Kota Bandung.

Klinik Pratama Advent menjadi cagar budaya dalam kategori pemanfaatan II (Adaptasi Fungsi Rumah Tinggal Menjadi Fungsi Sosial). 

Perlu diketahui, pada tahun 1950 gedung yang sekarang digunakan menjadi klinik ini, dahulu merupakan tempat tinggal orang Belanda.

Baca Juga: Inilah 10 RW Terbaik di Kota Bandung Dalam Inovasi Pembayaran PBB

Kemudian dialihfungsikan menjadi fasilitas kesehatan dengan kapasitas 24 tempat tidur. Pada perkembangannya kemudian fasilitas kesehatan tersebut diberi nama Rumah Sakit Advent Bandung. 

Rumah sakit tersebut didirikan oleh Donald. N Holm yang merupakan seorang dokter dan missionaris gereja Advent. 

Rumah Sakit Advent terus berkembang, sehingga pada tahun 1953 pihak rumah sakit membeli tanah baru di sekitaran rumah sakit untuk membangun rumah tinggal para pegawai dan fasilitas kesehatan lainnya.

Baca Juga:

-HJKB 212: Beberesih Bandung Jilid 4, Digelar Ditingkat Kota hingga RT-RW

-Pemkot Bandung Akan Salurkan BLT BBM untuk 69 Ribu KPM

-Admin Grup WA Bisa Hapus Pesan (Chat) yang Dikirim oleh Anggota

-Inilah 10 RW Terbaik di Kota Bandung Dalam Inovasi Pembayaran PBB

Pada tahun 1960, rumah sakit dipindahkan ke Jalan Cihampelas No. 161. Setelah itu, gedung rumah sakit yang berada di Jalan Tamansari beralih fungsi menjadi asrama dan rumah pegawai. 

“Sebelum jadi klinik memang awalnya sebagai asrama dan rumah pegawai. Diawal tahun 2019 barulah dibangun klinik untuk pegawai, khususnya pegawai rumah sakit Advent, tapi pasien umum juga kita terima,” ujar dokter di Klinik Pratama Advent,**

YI

Baca Juga: 

Berita Terkait

  • Pemilu & Pilres
  • 05 Feb 2023
Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024