Pemprov Jateng Kaji Pengolahan Sampah Organik Gunakan Biodigister di Sukamiskin Bandung

Kadis Pemprov Jateng dan rombongan saat dilokasi Kampung Takakura bersama Lurah Sukamiskin dan Ketua RW 09 Sukamiskin, Selasa (11/10/2022) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah IR Arief Djatmiko MA dan Dinas Energi & Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah beserta rombongan dan Bappenas RI melakukan kunjungan ke Area Pengolahan Sampah Kang Pisman Kampung Takakura RW 09 Sukamiskin, Selasa (11/10/2022).

Rombongan sebelumnya diterima langsung oleh Lurah Sukamiskin Farida Agustini di Aula Kantor Kelurahan Sukamiskin Kec.Arcamanik Kota Bandung untuk kemudian menuju ke Kampung Takakura RW 09 Sukamiskin dan diterima oleh Ketua rw 09 Sukamiskin Dandan.

RW 09 Kampung Takakura adalah RW yang telah menerapkan Biodigister sebagai salah satu metode pengelolaan sampah organik dalam Program Kang Pisman, selain metode lainnya seperti Loseda, Magoot dan Takakura.

Baca Juga: Atalia Ridwan Kamil Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi Predikat 'Cum Laude'

Dipantau langsung Beritainspiratif.com di lokasi, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan pengkajian penggunaan Biodigister dalam upaya penanganan sampah perumahan terkait dengan energi baru terbarukan melalui pemanfaatan limbah lingkungan menjadi gas untuk memasak  maupun energi listrik dan mendapatkan penjelasan langsung dari Ibu Dewi Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung

 

Baca Juga:

-Program Padat Karya Akan Dilanjut ke Tingkat Kelurahan Kota Bandung

-Medsos Pemkot Bandung Raih Predikat 1 Ajang Humas Jabar Awards

-Pedagang Bubur Desa Cipanas Cianjur Raih Penghargaan Ketua RW Teraktif di Jabar 2022

Biodigester merupakan alat yang digunakan untuk mengubah limbah organik menjadi biogas. Biogas itu sendiri merupakan salah satu energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari memasak hingga kebutuhan listrik.

 

Kadis Provinsi Jawa Tengan Arief Djatmiko menyampaikan bahwa di Jawa Tengah saat ini sedang melakukan pengembangan perumahan berbasis komunitas yang nantinya sampah yang ada di perumahan di proses didalam dan tidak dibuang keluar.

“Dengan penggunaan Biodigister ini nantinya akan menghasilkan gas dan bermanfaat untuk memasak, mudah-mudahan nanti bisa kami terapkan,” ungkap Arief Djatmiko.

(YI)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait