Presiden Jokowi Apresiasi Keberhasilan SDM Bio Farma Produksi Vaksin IndoVac

Presiden Jokowi tinjau fasilitas PT Bio Farma (Persero) Bandung, Kamis (13/10/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)


BERITAINSPIRATIF.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja sumber daya manusia (SDM) PT Bio Farma (Persero) yang tanpa banyak bersuara, telah berhasil memproduksi vaksin Covid-19 yang diberi nama IndoVac.

“Inilah saya kira sebuah kerja keras SDM muda kita dalam menggarap sebuah vaksin baru dari hulu sampai hilir. Ini memakan waktu dari awal sampai sekarang 1,5 tahun. Diam, enggak pernah bersuara, tahu-tahu jadi IndoVac,” ucap Presiden, di halaman PT Bio Farma (Persero) Bandung, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Luncurkan, Vaksin Covid-19 IndoVac Buatan PT Bio Farma Bandung

Presiden berada di PT Bio Farma (Persero) untuk menghadiri peluncuran dan penyuntikan perdana Vaksin IndoVac. Untuk mengetahui proses pembuatan Vaksin IndoVac, sebelum menghadiri acara tersebut, Presiden meninjau ruang produksi dan ruang pengemasan.

Dalam peninjauan tersebut, tampak keingintahuan Presiden dari proses pembuatan Vaksin IndoVac. “Bahan mentahnya apa?” tanya Presiden.

“Dari proses rekayasa. Ini bagian dari virusnya,” ucap Senior Executive Vice President Produksi PT Bio Farma (Persero) Juliman.

Presiden pun bertanya terkait dengan izin penggunaan darurat (EUA), apakah semua vaksin diuji atau hanya sampling.

“Sampling, tapi untuk quality control vaksin semua dicek menggunakan alat di [lantai] atas,” ucap Juliman.

Baca Juga:

-Program Padat Karya Akan Dilanjut ke Tingkat Kelurahan Kota Bandung

-Medsos Pemkot Bandung Raih Predikat 1 Ajang Humas Jabar Awards

-8 Camat Terbaik di Jabar Dihadiahi Belajar ke Singapura, Termasuk Bandung Wetan

-Inilah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023

Dari ruang produksi, Presiden meninjau ke ruang pengemasan. Di sini Presiden melihat Vaksin IndoVac yang sudah dikemas di dalam botol.

“Satu botol untuk berapa dosis?” tanya Presiden.

“Satu botol atau satu vial isi 5 ml, jadi bisa untuk 10 dosis vaksin karena per dosis 0,5 ml,” jawab Kepala Divisi Produksi Bambang Heriyanto.

Dalam peninjauan tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir.

(YI)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait