Selamat! BI Kembali Pertahankan ISO Quality Management Kebanksentralan

Foto bersama usai Seremoni penyerahan sertifikasi ISO oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono. / Foto: dok. Bank Indonesia


Jakarta, Beritainspiratif.com - Bank Indonesia kembali mempertahankan standar internasional ISO 9001:2015 Quality Management System dalam operasional tresuri dan layanan kebanksentralan serta ISO 15489:2016 Records Management System dalam manajemen dokumen tahun 2022.

Di tahun ini, BI berhasil memperoleh dan mempertahankan ISO 9001:2015 untuk seluruh proses bisnis layanan kebanksentralan dan penyelesaian transaksi tresuri yang meliputi 49 (empat puluh sembilan) proses bisnis.

Sementara, perolehan ISO Records Management mencerminkan kinerja manajemen dokumen yang baik meliputi kebijakan, prosedur, dan sistem pengarsipan dokumen sesuai standar best practices internasional.

Baca Juga: Bandung Connecticity 2.0, Lompatan Dunia Digital Pemkot Bandung

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resminya Jum'at (16/12/2022) mengungkapkan ISO Quality Management untuk layanan kebanksentralan ini telah diperoleh BI sejak tahun 2010 dan operasional tresuri sejak tahun 2019, serta ISO Records Management sejak tahun 2020.

"Perolehan sertifikasi ini merupakan wujud komitmen Bank Indonesia dalam menyediakan layanan kebanksentralan yang berkualitas kepada stakeholders," jelasnya.

Baca Juga:

-Inilah Tips Memilih Set Top Box dan Lokasi Penjualannya

-Daftar Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2024

-Daftar 8 Tol Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Pada seremoni penyerahan sertifikasi ISO, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono, menyampaikan perolehan ISO Quality Management mengindikasikan proses penyelesaian transaksi di Bank Indonesia telah memiliki standar yang baku, benar, konsisten, dan aman. 

"Capaian ISO Records Management dalam sistem manajemen kearsipan memiliki makna sebagai bukti sah atas hasil pekerjaan yang telah dibuat, direkam, dikelola, dan dapat diakses oleh setiap pemangku kepentingan. Dengan demikian, arsip yang terjaga pasti berguna (ARJUNA)," ungkap Doni.

Perolehan dua sertifikat ISO tersebut menjadi wujud nyata kualitas layanan kebanksentralan yang selalu terus ditingkatkan guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

"Ke depan, Bank Indonesia akan terus berupaya dalam menyediakan layanan kebanksentralan yang berbasis inovasi dan berorientasi pada pemenuhan kepentingan stakeholders melalui pengelolaan layanan yang prima dan berstandar internasional," pungkasnya.

(Yanis)

-Deddy Corbuzier Dianugerahi Pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD

Berita Terkait