Mudik Lewat Jalur Pantai Selatan, Pemandangannya Indah Luar Biasa

Pantai Karang Potong Ocean View, Cianjur (instagram.com/sandiwahyudi97)


BERITAINSPIRATIF.COM - Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi yang disertai Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno dan stakeholder mengatakan secara umum belum banyak kendaraan melintasi jalur pantai selatan pulau Jawa. Padahal, menurutnya jalur tersebut cukup nyaman dan aman dilalui.

“Sayang saja fasilitas ini tidak bisa dieksplore dan tidak disampaikan kepada masyarakat. Ini bisa memecah volume kendaraan yang menuju wilayah timur untuk melaksanakan mudik,” kata Firman di Jembatan Kretek 2, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (21/1/2023) dalam keterangan resmi Divisi Humas Polri (Sabtu (21/1/2023)

Firman menuturkan, tidak ada salahnya nanti jika masyarakat yang ingin mudik bisa melewati jalur pantai selatan Jawa, lantaran pemandangan jalur ini sungguh indah dan bisa dinikmati.

“Tidak ada salahnya mereka yang akan berangkat terlebih dahulu bisa menikmati jalur pantai selatan jawa gitu ya, itu bisa melalui jalan yang kita sudah lalui bersama selama 3 hari ini dengan semua keindahan dan fasilitas yang ada,” katanya.

Baca Juga: Pemkot Fokuskan 3 Poin Untuk Tingkatkan Trantibum di Kota Bandung

Untuk meyakinkan agar masyarakat yang mudik melintasi jalur pantai selatan Jawa, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda dan Kementerian terkait.

“Semua harus bisa berkontribusi yang positif. untuk bagaimana masyarakat bisa kita yakinkan bahwa melalui selatan ini tidak ada ruginya, kita cinta indonesia kita cinta pemandangan, Tidak ada salahnya kita membangun juga yang ada,” ujarnya.

Lebih lanjut, jenderal bintang dua ini memberikan tips-tips untuk mudik aman dan nyaman, terutama jika melewati jalur pantai selatan pulau Jawa. Salah satunya pengaturan waktu keberangkatan.

“Pertama diatur waktu berangkatnya supaya lebih santai bisa menikmati jalan. Ada tempat-tempat singgah yang bisa dipakai dan dimanfaatkan. Pom bensin lebih banyak ketimbang tahun lalu ini patut diinfokan ke masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan sehat. Ia pun menyarankan agar masyarakat tak mudik menggunakan sepeda motor demi keselamatan.

“Saya tetap mengimbau kalau bisa jangan pakai roda dua. Tetap silahkan roda empat, roda dua titipkan ke truk ada angkutan laut, kereta api seperti tahun lalu. Jadi ini saran keselamatan karena memang lelah kecuali banyak istirahatnya. Kalau sudah di jalan raya tidak boleh lengah kalau bicara keselamatan. Makanya orang harus sehat kalau di jalan,” katanya.

Baca Juga: Kemenag: Terdapat 108 Lembaga Pengelola Zakat Tidak Berizin, Ini Daftarnya!

Baca Juga: Diresmikan Jokowi, Wisata Pantai Malalayang Kota Manado Semakin Cantik

Dalam pengecekan jalur arus mudik Irjen Pol Firman Shantyabudi mengajak masyarakat melalui jalur arus mudik pantai selatan atau pansela, dalam rangka persiapan operasi ketupat 2023.

Kakorlantas berserta rombongan sempat mengunjungi tempat wisata Karangpotong Ocean View di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat yang berada di jalur Pansela.

Dalam kesempatan tersebut Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan jalur pansela bisa dijadikan alternatif mudik untuk menikmati keindahan pemandangan alam.

“Kita tidak menggunakan pendekatan percepatan disini untuk sampai di tujuan, tapi lebih kepada menikmati jalur pantai selatan waktu yang direncanakan bisa tiba ditujuan masing-masing, jadi ini semacam sasaran antaran sebelum sampai ke tujuan mudik,” ujar Firman, Jumat (20/1)

Karena jalanan yang tidak begitu luas, Firman meminta pemudik yang akan melewati jalur ini untuk berhati-hati berkonsentrasi saat berkendara.

“Jalannya tidak begitu lebar, masyarakat betul-betul harus waspada ketika sedang berpapasan dengan kendaraan lainnya itu penting artinya konsentrasi,” ungkapnya.

Firman juga mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak melakukan kegiatan yang akan menyebabkan kemacetan di jalan saat mudik lebaran nanti.

“Imbauan kepada masyarakat setempat yang jalurnya dilalui arus mudik, harapan kita tentunya tidak ada tambahan yang jadi faktor penghambat, contohnya kendaraan parkir yang dipinggir jalan kemudian pasar-pasar tumpah dipinggir jalan dan lainnya,” jelas Firman.

Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno mengajak masyarakat yang akan melakukan mudik melewati jalur pansela selain untuk berwisata dan menikmati kuliner di sepanjang perjalanan sebelum sampai di kampung halaman.

“Hari ini kita mengunjungi tempat wisata di daerah Karangpotong, Sindangbarang Cianjur, bagi masyarakat yang lewat jalur selatan bisa mampir ke tempat-tempat wisata karena viewnya luar biasa,” pungkas Hendro.

Rute peninjauan hari kedua di mulai dari Pelabuhan Ratu menuju Djampang Kulon, Jembatan Cibuni Sindangbarang, Cidaun, Jembatan Cilaki, Cikelet, Cilauteureun, Pameungpeuk, Sancang, Jembatan Cikaengan, Cipatujah, Cikalong, Sindangsari, Cijulang, Cikangkung, dan berakhir di Pangandaran.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(YI) 

Baca Juga:

-Inilah 18 Fakta Menarik Tentang Masjid Al Jabbar

-KUHP Terbaru Ditandatangani Presiden, Download di Link Ini

-Pelat Nomor Kendaraan Akan Dipasang Chip dan QR Code

-Cara Aktivasi NIK Jadi NPWP Melalui Handphone

-Menag: Kuota Haji 2023 Sebanyak 221 Ribu, Tidak Ada Batas Usia

-Sanksi Bagi Pelaku Usaha yang Belum Bersertifikat Halal Sampai 2024

Berita Terkait