Hoegeng Awards 2023: Masyarakat Usulkan Polisi yang Urus Jenazah hingga Beri Makan Gratis

dok. Divisi Humas Polri


Jakarta, Beritainspiratif.com - Polri kini sedang menggelar Hoegeng Awards 2023. Hingga hari ke-17, ada ribuan nama polisi telah diusulkan oleh masyarakat untuk menerima penghargaan tersebut.

Penerima penghargaan Hoegeng Awards 2023 akan diumumkan di acara penganugerahan pada 14 Juli 2023.

Tanggal ini bertepatan dengan peringatan meninggalnya Kapolri ke-5 almarhum Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso, yang menjadi inspirasi acara ini. Masyarakat mengusulkan melalui formulir digital https://dtk.id/hoegengawards2023.

Mereka diusulkan dalam lima kategori di Hoegeng Awards 2023, yaitu Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Berintegritas, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, serta Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

“Usulan yang masuk hingga hari ke-17, Minggu (12/2/2023) hingga pukul 23.59 WIB, ada 3.451 nama polisi teladan yang masuk ke redaksi,” seperti dikutip dari detik.com, Senin (13/2/2023).

Baca Juga: DPR RI Sepakati Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur BI Terpilih

Nama-nama polisi yang diusulkan terdiri dari berbagai pangkat dan jabatan, mulai level Bhabinkamtibmas hingga Kapolda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Beragam cerita menyertai nama-nama personel polisi yang diusulkan, di antaranya polisi yang membantu membangun gereja di pelosok Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga membantu menyediakan ambulans gratis bagi masyarakat. Ada juga nama polisi yang diusulkan karena membantu mengurus jenazah dari keluarga tidak mampu.

Baca Juga: BI Checking Dihapus, Begini Cara Periksa Catatan Kreditmu di SLIK OJK

Terbaru, nama polisi yang diusulkan adalah Aipda Wirawan Setiadi, anggota Unit Intel Polsek Gatak, Polres Sukoharjo, Jawa Tengah. Dia diusulkan karena kerap membantu masyarakat melalui program ambulans gratis dan memberi makan gratis kepada masyarakat setiap hari Senin, Kamis, dan Jumat.

Dari ratusan nama polisi yang diusulkan tersebut, akan ada proses validasi oleh tim detikcom dan Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023. Ada lima orang tokoh masyarakat yang dilibatkan menjadi Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 yakni, Wakil Ketua MPR RI H. Arsul Sani, S.H., M.Si., Mantan Plt Pimpinan KPK Dr. Mas Achmad Santosa, S.H., LL.M., anggota Kompolnas Poengky Indarti,S.H., LL.M., Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, S.Psi, dan anggota Komnas HAM Putu Elvina, S.Psi., MM.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Pensiunan Tak Perlu Lapor SPT Tahunan? Begini Aturannya!

-Mulai 1 Januari 2024 NIK Resmi Jadi Nomor NPWP, Begini Cara Merubahnya

-Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP Pemilik Lama

-E-KTP Perlahan Mulai Dihapus, Berikut Cara Buat KTP Digital Lewat HP

-BI Checking Dihapus, Begini Cara Periksa Catatan Kreditmu di SLIK OJK

-Ditemukan Gunung Bawah Laut di Perairan Pacitan Setinggi 2.300 Meter


Berita Terkait