Wali Kota Bandung Resmikan Buruan Sae 'Boemi Tani Singgasana'

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meresmikan Buruan SAE 'Boemi Tani Singgasana', Senin 13 Maret 2023 / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Program ketahanan pangan Buruan Sae kini terus berkembang di seluruh wilayah Kota Bandung. Kini program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung hadir di Kompleks Singgasana Kelurahan Cibaduyut Wetan Kecamatan Bojongloa Kidul.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan kawasan tersebut, didampingi oleh unsur kewilayahan juga para anggota kelompok Buruan Sae 'Boemi Tani Singgasana', Senin 13 Maret 2023.

"Kita meresmikan Buruan Sae di Kompek Singgasana ini. Tanamannya juga variasi, ada buah-buahan, sayur, ada ternak juga," tuturnya. 

Yana berharap, dengan pengelolaan Buruan Sae di setiap wilayah bisa dikonsumsi untuk sendiri sehingga kebutuhan pangan bisa terpenuhi. 

"Kita bisa semakin banyak membuat tempat ini, sehingga ketahanan pangan mencukupi. Karena 96 persen itu dari luar, sehingga kita semakin bisa memenuhi kebutuhan pangan," tuturnya. 

Baca Juga: Jelang Ramadan, PKL di Kawasan Tegalega, Toha Hingga Otista Akan Ditertibkan

Baca Juga: 112 Akan Jadi Nomor Tunggal Layanan Kegawatdaruratan di Kota Bandung

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menyampaikan, Pemkot Bandung terus mengambangkan potensi Buruan Sae di pelosok wilayah. 

"Memang Kota Bandung mengembangkan terus jumlah dari Buruan Sae dan ini merupakan 50 kelompok baru di tahun ini " katanya. 

Gin Gin mengungkapkan, keunikan di lahan tersebut mempunyai lahan luas hampir 2.500 meter persegi. Di samping itu konsep yang terintegrasi mempermudah pertumbuhan tanaman. 

"Konsepnya ini terintegrasi, sarana penunjangnya juga cukup representatif dan padat modal. Alat penyiraman yang sistem otomatis. Berbagai jenis tanaman yang dikelola kelompok Singgasana relatif menengah ke atas tapi bisa bergabung sama-sama mengolah kebun ini," tuturnya. 

Baca Juga: Pemkot Bandung Serahkan KTP Elektronik Kepada Warga Binaan Lapas Banceuy

Saat ini, kata Gin Gin, dalam 3 tahun terakhir terdata ada sebanyak 335 kelompok Buruan Sae di Kota Bandung.

"Tahun 2023 kita targetkan 50 kelompok baru. Jadi bertambah, mudah-mudahan berjalan baik," katanya. 

Sedangkan Ketua Buruan Sae Boemi Tani Singgasana, Inkawati Wijaya menyampaikan, luas lahan tersebut 2.500 meter persegi dengan ditanami berbagai macam sayuran hingga buah-buahan. 

"Ada kangkung, pakcoy, salada bokor, kacang panjang, buncis, jagung, semangka, durian, pisang. Totalnya sekitar 70 macam," ujarnya. 

"Dari DKPP pemberian benih, sarana prasarana, pengcekan, pelatihan pembinaan diberikan. Harapannya Buruan Sae ini berkembang untuk menekan angka stunting," ujarnya. **

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(AA) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Mulai Besok 26 Februari Tiket KA Mudik Lebaran Bisa Dipesan, Ini Link-nya

-Aplikasi PeduliLindungi Jadi SATUSEHAT, Ini Kelebihan & Cara Mengubahnya!

-Begini Tips Menghadapi Debt Collector

-Mulai 20 Maret Pemerintah Berikan Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta Per Unit

-Mengapa Kabupaten Bantul Tidak Memiliki Ketua RW, Ini Penjelasannya !

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta