Galeri Rasulullah Masjid Al Jabbar Diresmikan, Sajian Sejarah Islam Via Teknologi Digital

Masjid Al Jabbar / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan peresmian Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar pada Senin (27/3/2023). 

"Dengan ini saya umumkan, insyaallah hari Senin, Galeri Rasulullah (diresmikan) terkait sejarah Islam, lahirnya Islam, sejarah Islam di dunia maupun Indonesia," kata Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada pelaksanaan salat Tarawih bersama Forkopimda Jawa Barat di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jumat (24/3/2023). 

Baca Juga: Inilah Lokasi Ngabuburit Asyik di Kota Bandung Pada Bulan Ramadan

Penempatan Galeri Rasulullah terletak di rubanah Masjid Raya Al Jabbar, yang menyajikan informasi mengenai sejarah kehidupan Rasulullah dan penyebaran Islam ditampilkan dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Pengunjung yang akan datang menyaksikan galeri tersebut agar melakukan pendaftaran secara online. 

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menambahkan, galeri ini sangat penting untuk mempelajari sejarah Islam dunia juga sejarah awal Islam masuk ke Indonesia. 

"Ini sangat penting, mudah-mudahan membanggakan. Insyaallah terbaik di Indonesia bahkan dunia. Berita baik ini menyertai kebanggaan kita," tuturnya. 

Baca Juga: Cara Daftar Acara di Masjid Al Jabbar

Museum Rasulullah berlokasi di basement Masjid Al Jabbar, museum ini berisikan tentang koleksi replika, diorama dan video mapping perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam hingga ke Nusantara dan Jawa Barat.

Dirancang dengan pendekatan pengalaman ruang, pengunjung tidak hanya disuguhi informasi dari teks atau paparan audio dan video, akan tetapi juga memberikan impresi pengalaman dan bisa merasakan serunya dari informasi yang diceritakan, mulai teknik video mapping peristiwa Isra Miraj hingga peristiwa Perang Badar yang dihadirkan lewat teknologi Augmented Reality, akan disajikan sekitar satu jam.

Cara Berkunjung ke Museum Rasulullah Masjid Al Jabbar

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk masuk ke Galeri Rasulullah yang ada di lantai dasar masjid, calon pengunjung harus melakukan pendaftaran online terlebih dahulu.

Ada tarif tiket online yang harus dibayarkan calon pengunjung Museum Masjid Raya Al Jabbar saat ini masih belum ditetapkan.

Baca Juga: Cetak 21 Gol, David Da Silva Samai Rekor Dua Legenda Persib

Cara daftar online untuk berkunjung ke Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar nantinya tersedia di website resmi DKM Masjid Raya Al Jabbar: https://aljabbar.jabarprov.go.id/

Proses pendaftaran online ini perlu dilakukan calon pengunjung sebagai bagian dari proses reservasi untuk menentukan tanggal kedatangan ke Galeri Rasulullah.

“Pendaftarannya via online berbayar, sehingga ini menjadi fasilitas edukasi sejarah Islam terbaik, InsyAllah tidak hanya Indonesia, Asia, bahkan dunia,” kata Ridwan Kamil usai pelantikan DKM Masjid Raya Al Jabbar, Senin, 20 Maret 2023.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(Yanis) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-112 Akan Jadi Nomor Tunggal Layanan Kegawatdaruratan di Kota Bandung

-Jadwal Pasar Murah Jelang Ramadan, di 30 Kecamatan Kota Bandung

-Beli Gas LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP dan Terdaftar di Database Pangkalan

-Layanan PBB Kota Bandung Cukup Via Aplikasi 'TEMAN PBB', Inilah Fungsi dan Cara Installnya

-Masjid Al Jabbar Dibuka Kembali, Inilah Tata Tertib yang Harus Ditaati

-BI Layani 5.066 Titik Penukaran Uang di Bank & Jalur Mudik, Ini Lokasinya !

Berita Terkait