PT Jasa Marga Pecahkan Rekor Tertinggi Layanan Arus Lalu Lintas Idulfitri 1444 H

dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.


BERITAINSPIRATIF.COM - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (“Perseroan”) berhasil membuka kuartal pertama tahun 2023 dengan kinerja yang positif seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat pasca dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di akhir tahun 2023. Perseroan berhasil membukukan Laba Bersih pada Kuartal I Tahun 2023 sebesar Rp497,6 miliar, naik 58,0% jika dibandingkan dengan Kuartal I Tahun 2022.

"Peningkatan kinerja positif Perseroan juga tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp3,4 triliun atau tumbuh 6,0% yang merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp3,0 triliun yang meningkat 2,7% dari Kuartal I Tahun 2022 serta kontribusi kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp372,2 miliar atau naik 44,4% dari periode yang sama di tahun sebelumnya," ungkap Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dalam keterangan resminya Sabtu (29/4/2023).

"Realisasi EBITDA Perseroan juga terjaga, yaitu mencapai Rp2,2 triliun, dengan realisasi EBITDA Margin diatas 60% yaitu mencapai level 64,3% di tengah pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif atas kenaikan volume lalu lintas Perseroan," lanjut Lisye.

Baca Juga: Atasi Sampah Lebaran, Pemkot Bandung Tetapkan CICABE Sebagai TPA Darurat

Lisye mengungkapkan, hingga Kuartal I 2023, Perseroan masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.260 KM yang merepresentasikan 50% jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia. 

"Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Perseroan di periode yang sama adalah 1.736 KM di seluruh Indonesia. Jumlah konsesi ini termasuk penambahan Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 KM yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Konsorsium BUMN-Swasta-BUMD," ungkapnya.

Baca Juga: Wow..Mufti Reza AP, Raih Doktor IPK 4 Jadi Lulusan Termuda dan Tercepat UNS

Rekor Tertinggi Layanan Arus Lalu Lintas

Selain itu, lanjut Lisye PT Jasa Marga pecahkan dua kali rekor tertinggi dalam melayani arus lalu lintas sepanjang Hari Raya Idul Fitri di Indonesia selama ini.

Rekor yang pertama tercatat pada H-3 (19 April 2023) dengan 163.829 kendaraan menuju arah Timur melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama. Angka ini meningkat 201,09% dari lalu lintas (lalin) normal atau meningkat 20,92% jika dibandingkan dengan puncak Lebaran 2022.

Sementara itu untuk rekor kedua, tercatat pada H-2 (20 April 2023) dengan 153.590 kendaraan yang menuju arah Timur melalui dua gerbang tol yang sama, meningkat 168,5% dari lalin normal atau meningkat 13,36% jika dibandingkan puncak Lebaran 2022.

Dikatakannya, Jasa Marga juga mencatat mayoritas kendaraan menuju Jalan Tol Trans Jawa yang masih menjadi pilihan favorit pemudik. Pada periode mudik atau pada H-7 s.d H-1 Hari Raya Idul Fitri 1444 H, tercatat sebanyak 790 ribu kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek menuju arah Timur, naik 7,5% terhadap periode yang sama di Lebaran 2022. 

Hal ini selaras dengan prediksi Kementerian Perhubungan bahwa Jalan Tol Trans Jawa akan menjadi pilihan jalur utama bagi pengguna mobil pribadi yang mendominasi sebesar 33,53%. Jasa Marga bersama stakeholder terkait terus memastikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat untuk mewujudukan mudik yang aman, nyaman dan berkesan.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru April 2023

-Mulai Berlaku, Hari Kerja Semua PNS Baik Pusat/Daerah Hanya 5 Hari

-MUDAH! Begini Cara Cek Saldo e-Toll Lewat HP

-Pemkot Bandung Tetapkan CICABE Sebagai TPA Darurat

Berita Terkait