Tugas POLISI RW: Ini Kata AKBP Sutorih 'KOBOY KABAYAN' Polrestabes Bandung

AKBP Sutorih Koboy Kabayan Polrestabes Bandung (kiri bertopi koboy) bersama Tim Humas Forum RT RW Kota Bandung usai bincang-bincang jelang upacara peluncuran program polisi RW Tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di halaman depan Gedung Sate Jl. Diponegoro, Senin, (15/5/2023) pagi. / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Bagi sebagian besar Ketua RW di Kota Bandung nama Koboy Kabayan tentu sudah tidak asing lagi, mengingat aktifitasnya yang gemar melakukan turun ke lapangan ke wilayah-wilayah RW menemui warga dan tokoh masyarakat.

Siapakah Koboy Kabayan?

Koboy Kabayan adalah seorang anggota Polri Polrestabes Bandung bernama AKBP Sutorih.

Pria Asli Indramayu asal Desa Juntinyuat  AKBP  Sutorih saat ini menjabat sebagai Kasat Binmas Polrestabes Bandung.

Sedangkan Koboy Kabayan sendiri merupakan singkatan dari Komandan Bhabin Okey, Kami Bahagia Melayani Anda.

Koboy Kabayan ini membawahi 151 Bhabinkamtibmas yang ada di Kelurahan Kota Bandung.

Baca Juga: Dialog Kabaharkam Polri Dengan Ketua RW Kota Bandung: Polisi RW Itu Bukan Untuk Menangkap

Hal tersebut terungkap saat Beritainspiratif.com bertemu  langsung dengan AKBP Sutorih, di lokasi jelang upacara peluncuran program polisi RW Tingkat Provinsi Jawa Barat  yang berlangsung di halaman depan Gedung Sate Jl. Diponegoro, Senin, (15/5/2023) pagi.

Pada kesempatan tersebut AKBP Sutorih ikut serta mendampingi  Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono saat menyapa 30 orang Pengurus Forum RT RW Kota Bandung yang turut hadir dalam acara peluncuran Polisi RW tersebut.

Tim Humas Forum RT RW Kota Bandung juga memanfaatkan pertemuan tersebut dengan melakukan bincang-bincang di teras depan Gedung Sate Kota Bandung.

Tonton: Video Bincang Koboy Kabayan dengan Ketua RW

Baca Juga: Kapolrestabes Bandung Sapa Ketua RW di Acara Launching Polisi RW

Berikut cuplikan perbincangan Tim Humas bersama Koboy Kabayan AKBP Sutorih dan Ketua Forum RT RW Kota Bandung H. Lily Maulana.

Terkait launching Polisi RW tingkat Jawa Barat, AKBP Sutorih mengungkapkan bahwa kehadiran Polisi RW adalah sebagai mitra kerja.

“Jadi mitra kerja, jadi silahkan ada permasalahan apapun sampaikan ke Polisi RW. Dan mereka bekerja minimal seminggu 2 kali maksimal terserah. Jadi tetap Polisi yang kerjanya di lantas, serse tetap pada tugas pokoknya. Tetapi dalam satu minggu itu wajib sambang/datang ke RW masing-masing 2 kali,” jelas AKBP Sutorih

“Jam nya terserah mau pagi hari, malam hari tinggal janjian saja sama RW nya. Jadi Polisi RW nanti akan menghubungi RW memberitahukan kehadirannya,” tambahnya.

Terkait tugas utamanya Polisi RW, Koboy Kabayan menjelaskan bahwa tugas utamanya adalah menampung aspirasi masyarakat.

“Seandainya masalah tersebut bisa diselesaikan oleh Polisi RW ya selesai, tetapi kalau dirasa berat ya diselesaikan oleh Polsek setempat, Polsek tidak bisa baru ditangani Polrestabes.,” jelasnya.

Baca Juga: Jabar Raih Opini WTP Ke-12 dari BPK RI, Emil: Hadiah di Akhir Masa Jabatan Kami

Sementara itu pada kesempatan yang sama Ketua Forum RT RW Kota Bandung H. Lily Maulana mengungkapkan tanggapannya atas peluncuran Polisi RW tingkat Polda Jawa Barat.

“Kami mewakili jajaran para Ketua RW se Kota Bandung, menyampaikan apresiasi dan telah dilibatkan dalam acara ini. Dengan launching Polisi RW ini diharapkan melekat kebersamaan dan memudahkan tugas para Ketua RW, dalam masalah Kamtibmas,” ujar Lily.

“Dengan kehadiran Polisi RW akan mempercepat proses jika terjadi sesuatu, yang biasanya dilakukan di tingkat Kelurahan oleh Bhabinkamtibmas kini cukup tingkat RW melalui Polisi RW,” jelasnya.

“Untuk memacu kinerja RT RW maka diperlukan support Pemkot Bandung melalui peningkatan insentifnya,” tambah Lily.

“Kami dari Forum RT RW Kota Bandung menyampaikan POLISI RW HEBAT,” tutur Lily menutup perbincangan.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-PT KAI Buka Lowongan Kerja SMA - S1 di Job Fair

-BUMN Buka Rekrutmen Bersama D3-S2 Pada 11 Mei 2023, Ini Persyaratannya!

-LPDP Kementerian Keuangan Buka Lowongan D3 - S2 Berbagai Posisi

-Setiap RW di Kota Bandung Kini Dijaga oleh Polisi RW
-Satgas Trotoar Kota Bandung Segera Bergerak, Ini yang Akan Ditertibkan

Berita Terkait