Ditutup Sejak 2020, Hari Ini Car Free Day di Kota Bandung Kembali Dibuka

Dari Kika: Ketua DPRD Kota Bandung, Plh Wali Kota Bandung dan Kapolrestabes Bandung saat di Car Free Day (CFD) Dago, Kota Bandung, Minggu 4 Juni 2023.


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Car Free Day (CFD) kembali digelar di Jl. Ir. H. Djuanda (Dago), Kota Bandung, Minggu 4 Juni 2023. Kegiatan yang terakhir kali digelar pada 2020 silam ini disambut positif oleh masyarakat.

Indra, warga Buahbatu misalnya. Sudah lebih dari setahun ia menantikan CFD kembali di Kota Bandung. Pria yang hobi bersepeda ini menyambut positif hadirnya CFD.

"Tentu senang, ya. Udara jadi segar. Semoga bisa hadir konsisten, karena kan hanya beberapa jam saja kegiatannya," ujar Indra.

Hal serupa juga diungkapkan pasangan muda Gio dan Denisa yang jauh-jauh datang dari Pameungpeuk, Kabupaten Bandung untuk menikmati CFD di Kota Bandung.

Ia membawa buah hatinya dan mengaku sangat senang bisa bernostalgia di CFD.

"Dulu saya SMP di Kota Bandung, sekitar tahun 2011-an. Dan sering juga datang ke CFD. Setelah CFD sempat enggak ada, terus hadir lagi, tentu senang bisa ke sini lagi. Banyak kenangan di CFD," kata Gio.

"Betul. Kita juga ke sini sambil liburan bareng anak," kata Denisa menambahkan.

Baca Juga: Ketua Prodi KEWIRAUSAHAAN SBM ITB Terpilih Sebagai Ketua Umum APSKI

Lalu masih ada Ulul, Kiki, Resti, dan Arya. Keempatnya merupakan mahasiswa ITB yang sedang merantau di Kota Bandung. Mereka menyambut antusias hadir kembalinya CFD.

"CFD di Kota Bandung tuh selalu meriah. Senang bisa hadir menikmati suasananya," ujar Kiki.

"Mungkin belum semeriah dulu ya, ini juga karena baru pertama. Kita sih berharapnya ini rutin digelar dan semakin ramai," kata Arya.

Pemkot Pastikan Kenyamanan Pengunjung

Sementara itu, Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna yang hadir meninjau gelaran CFD menyebut, kegiatan ini rencananya akan digelar dua kali dalam sebulan, yaitu pada pekan pertama dan ketiga.

"Tentu kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat.  Apalagi yang datang bukan hanya masyarakat kota Bandung saja. Puncak kegiatan CFD ini biasanya pada pukul 08.00-09.00 WIB," ujar Ema.

Sebagai informasi, kegiatan CFD di Kota Bandung baru digelar di kawasan Dago saja. Ema menyebut, dengan berbagai pertimbangan dari peninjauan hari ini, tidak menutup kemungkinan CFD akan digelar di titik lainnya di Kota Bandung.

"Kalau kondisinya membaik, tidak menutup kemungkinan akan dibuka di kawasan lain, seperti Asia Afrika," terangnya.

Untuk memastikan kenyamanan para pengunjung CFD, Ema memastikan, personel Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP hadir di CFD dan menyebar.

"Kita perhatikan masalah PKL juga. Lalu kita lihat kantong-kantong parkir, apakah sudah memadai? Tetapi seluruh personel Dishub Satpol PP sudah disebar (untuk memastikan kenyamanan pengunjung)," terangnya.

Senada dengan Ema, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono memastikan jajaran kepolisian hadir untuk menjaga kenyamanan para pengunjung CFD.

Ia juga memastikan rekayasa lalu lintas CFD berjalan normal seperti era sebelum pandemi.

"Pengecekan kami lakukan untuk memastikan kenyamanan masyarakat saat menikmati CFD. Rekayasa lalu lintas pun dilaksanakan dengan baik," terangnya.**

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Ketua RT dan RW Se Kota Bandung Deklarasikan Pemilu 2024 Aman dan Kondusif

-Kabar Gembira! Kota Bandung Buka Jalur Khusus AFIRMASI Untuk Siswa SD-SMP Tidak Mampu

-Presiden Resmi Luncurkan Logo IKN Bertema Pohon Hayat, Inilah Maknanya!

-Profil AULIA AKBAR Desainer Asal Bandung Pemenang Logo IKN

Berita Terkait