Domba Garut Kota Bandung Raih Juara Ajang Kontes Ternak di Sumedang



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Kota Bandung meraih juara pada Kontes Ternak Domba yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Jawa Barat, di Bumi Perkemahan Kiarapayung Kabupaten Sumedang, 21-22 Juli 2023.

Domba asal Kota Bandung sukses meraih gelar juara 2, yaitu juara Kontes Domba Garut kategori Petet Jantan dan kategori Raja Calon Pejantan.

Acara yang berlangsung dua hari itu mengusung tema Kontes Ternak dan Expo Pangan Jawara. DKPP Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kontes ayam hias, ayam sentul, domba, dan sapi perah.

Sekitar 1.500 peternak dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat telah memeriahkan acara itu. Peserta kontes pun sudah diseleksi dan dipastikan ternak yang akan mengikuti kontes sudah menjalani pemeriksaan hingga vaksinasi.

Baca Juga: HUT Ke-23, Ribuan Pengurus LPM se-Kota Bandung Gelar Apel di Alun-Alun Ujungberung

Adapun penjurian yang dinilai oleh Himpunan Peternak Domba dan Kambing (HPDKI) Indonesia serta dari unsur cendekiawan yaitu Universitas Padjadjaran bidang surga.

"Kita mengikuti kontes ternak domba Garut yang diselenggarakan DKPP Jabar. Ini diikuti seluruh kabupaten kota seluruh Jawa Barat," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefulon, Minggu 23 Juli 2023.

Wilsandi mengungkapkan, penilaian yang dilakukan di antaranya performa tubuh, kelayakan tubuh hingga usia yang proporsional.

“Dinilai oleh juri dari HPDKI indonesia dan Unpad. Memang para penilai ini sudah memiliki kualifikasi,” ujarnya.

Ia menerangkan, peternak domba Garut yang meraih juara yaitu Vandryawan. Ia merupakan peternak binaan DKPP Kota Bandung.

“Vandry ini sebagai peternak binaan DKPP Kota Bandung yang lahan ternaknya di kawasan Cibiru,” ujarnya.

Baca Juga: Terbaru! KPU Larang Pasang Alat Peraga Kampanye Pemilu 2024 di Tempat Ini

Ia pun mengapresiasi peternak tersebut, pasalnya di usia yang masih muda, peternak mampu mengelola hewan juga selain meraih juara mampu menyokong perekonomian juga ketahanan pangan.

"Tentunya secara umum tujuan besarnya peternakan di Kota Bandung bangkit lagi. Selain itu juga mampu mendorong ekonomi dan ketahanan pangan. Bisa menggairahkan kembali peternak. Sasaran peternak muda, kita bisa melakukan budi daya yang baik meski di perkotaan," bebernya.

Sementara itu, Peternak asal Kota Bandung, Vandryawan bersyukur atas raihan juara yang diberikan oleh Pemprov Jawa Barat.

Ia berharap, peternak di kota Bandung semakin maju dan mampu meningkatkan petekonomi juga pangan.

“Alhamdulillah kita bisa juara dari provinsi. Kita berharap ini menjadi pendorong agar peternak di Bandung semakin berkembang,” ungkapnya.

Langkah selanjutnya, DKPP Kota Bandung juga peternak tengah mempersiapkan hewan ternak untuk mengikuti Piala Presiden Seni Budaya Domba dan Kambing dan Silatnas 2023 yang rencananya puncak kegiatan akan dilaksanakan pada September mendatang. **

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(RV) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Cicilan Murah

-Tol Cisumdawu Diresmikan: Terhubung Bandara Kertajati, Cileunyi-Cipali 40 Menit

-Alat Peraga Kampanye 2024 Akan Dicopot Jika Dipasang di Tempat Ini

-Masuk 5 Besar Tingkat Nasional Regional II, SUKAMISKIN Jalani Klarifikasi Lapangan

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Klinik 'INGGIT GARNASIH' Layanan Kesehatan Khusus Lansia, GRATIS!

Berita Terkait